Monday, December 15, 2008

FlashCom Community Gathering 13-14 Des'08

Ceritanya berawal dari hari Kamis minggu lalu. Salah seorang teman kantorku yang kebetulan pernah membantu mengurus website FlashCom Community diundang untuk mengikuti acara gathering ini. Namun entah karena alasan apa, minggu kemarin ini dia nggak bisa ikut. Berhubung dia tahu kalo aku adalah pengguna setia Flash - walaupun powered by kantor :P, dia menawariku untuk menggantikannya.

Semula aku ragu mau ikutan atau nggak, karena weekend kemarin aku udah ada rencana lain. Tapi, setelah aku pikir masak-masak, nggak ada salahnya juga kalau aku ikut. Lumayan, bisa nambah relasi dan berkenalan orang-orang baru. Seluruh peserta acara FlashCom Community Gathering ini adalah pelanggan Telkomsel Flash. Yang beruntung mengikuti acara ini adalah pelanggan-pelanggan yang paling cepat me-reply sms notifikasi dari panitia penyelenggara acara ini. Untuk beberapa area, peserta dipilih secara random dan dihubungi melalui telepon.

Acara ini merupakan gathering komunitas pelanggan Telkomsel Flash yang pertama. Acaranya diadakan di Bandung pada hari sabtu dan minggu kemarin (13-14 Des '08). Jatah pesertanya katanya sih ada sekitar 150 orang. Cuma yang confirm nggak sampai segitu. Peserta yg ikut aku taksir sekitar 80 orang, kurang lebih 50% dari jatah dan kebanyakan adalah laki-laki.

Pada hari sabtu, semua peserta yang berasal dari Jabotabek berkumpul di Kantor Regional Telkomsel jam 8 pagi dan berangkat ke Bandung jam 9. Sementara peserta dari Bandung langsung menuju lokasi acara, yaitu di Hotel Jayakarta. Sampai di lokasi sekitar jam 12 siang, yang dilanjutkan dengan makan siang dan istirahat sejenak. Acara dilanjutkan dengan workshop mengenai Internet Marketing dari pukul 14:30 s/d 17:30. Workshopnya menurutku sangat bagus. Menjelaskan mengenai dasar-dasar memasarkan produk di internet. Pembicaranya menurutku lumayan oke. Langsung dipraktekkan di tempat. Karena memang kebanyakan peserta disarankan membawa laptop masing-masing. Sayang, walaupun menurutku workshopnya bagus, tapi agak nggak tepat sasaran. Karena kebanyakan pesertanya masih muda-muda dan banyak juga yang masih kuliah. Dan kalau aku lihat, profilenya mereka menggunakan internet adalah untuk sekedar browsing dan download. Hanya sedikit yang memiliki background sebagai pebisnis. Tapi, oke lah untuk sekedar menambah ilmu.

Setelah dipotong istirahat dan sholat maghrib, acara dilanjutkan dengan makan malam dan entertainment di Fame Station. Bener-bener nggak ngerti tempat macam apa itu Fame Station. Setelah akhirnya aku menghubungi salah seorangku yang tinggal di Bandung dan mengatakan kalo itu adalah tempat dugem. Kaco banget dah. Tapi aku berpikir positif aja, seharusnya sih nggak bakalan ada acara rame-rame disana. Memang sih itu adalah tempat dugem, tapi disulap menjadi tempat makan malam yang diselingi dengan lagu yang slow dan menenangkan.

Ternyata dugaanku salah. Setelah acara makan malam selesai, baru deh semua berubah total. Bener-bener jadi acara hiburan yang berisik. Mana ada sexy dancersnya pula lagi. Doh, kenapa selalu ada acara yang seperti ini. Aku bener-bener nggak suka. Mana musiknya juga berisik banget. Membuat kepalaku pening dan merasa nggak nyaman di tempat seperti ini. Akhirnya aku putuskan untuk mojok dan mencari tempat dimana aku bisa menyendiri dan mengeluarkan laptopku untuk online dan sekedar menghabiskan waktu selagi acara berjalan. Tak lupa aku memasang earphone untuk sedikit mengurangi suara berisik yang ada di tempat itu. Akhirnya acara selesai jam 10 (padahal di run downnya, acaranya sampai jam 11 malam). Akhirnya bisa terbebas juga dari acara yang bikin nggak tenang seperti ini.

Di hari kedua, acaranya adalah off road menggunakan Land Rover plus Paint Ball di Cikole. Kedua acara ini menurutku sangat menyenangkan, secara selama ini belum pernah merasakan seperti apa sih off road itu. Seluruh peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang berjumlah sekitar 10 orang dan masing-masing kelompok berada pada kendaraan yang sama pada saat off-road. Dari situlah kami menjadi kenal satu sama lain. Dan menyenangkan aja dalam dua hari ini bisa berkenalan dengan banyak orang baru. Satu kelompokku backgroundnya macam-macam. Ada yang masih kuliah, dan ada yang sudah kerja. Campur aduk deh. Dan sepertinya seluruh peserta ini memiliki profile yang sama. Jadinya semua omongannya nyambung.

Acara off-roadnya benar-benar menyenangkan. Berasa rafting tapi di darat. Karena medannya sendiri juga memang parah sih, melewati jalanan kecil diantara pohon-pohon pinus. Beberapa kali kelompokku teriak-teriak histeris ketika melewati medan yang cukup sulit yang membuat semua penumpang sampai terjatuh dari tempat duduk. It's really amazing ^_^. Beruntung pada saat acara, kamera SLRku aku bawa. Jadilah sepanjang perjalanan kami berfoto-foto ria. Terlebih lagi teman-teman satu kelompokku memang doyan foto semua tambah klop deh. Bahkan ketika sampai di tempat tujuan untuk mengikuti acara selanjutnya: Paint Ball, kelompok kami bukannya mengatur strategi, tapi malah berfoto ria. Ibarat teman-teman kuliahku, yang demen difoto, begitu pula dengan kelompokku. Foto-foto narsis pun bertebaran memenuhi kameraku. Hehehehe.. Apalagi tempat Paint Ball nya menurutku sangat oke. Berada di dalam hutan pinus + kondisinya saat itu sedang berkabut tebal. Komplit deh.

Setelah acara selesai, kami semua kembali ke hotel untuk segera check out dan menuju Rumah Keboen untuk makan siang. Acara ini menjadi semacam acara penutup dari panitia penyelenggaranya. Di acara itu diumumkan pemenang terbaik dari game Paint Ball, dan ternyata kelompokku yang menang. Lumayan, masing-masing orang dapat screen protector untuk laptop. Dan yang penting adalah foto-foto tentunya.

Rangkaian acara diakhiri dengan sesi belanja yang cuma disediakan 1 jam karena sudah melewati jadwal. Parahnya, semua peserta dilepas di daerah yang dipenuhi dengan FO yang notabene, para peserta laki-laki pada males. Maunya sih dilepas di tempat oleh-oleh. Nggak tepat sasaran. Padahal yang ikutan juga kebanyakan cowok. Ceweknya masih bisa diitung dengan jari lah. Setelah semuanya selesai dan kembali ke bus untuk segera pulang ke Jakarta, para peserta yang duduk di belakang, langsung mengeluarkan laptop: segeralah dilakukan pertukaran foto-foto. Dan parahnya milis dan groups di facebook pun langsung dibuat di bus. Emang orang-orangnya edan juga. Di bus masih aja maenan laptop dan konek ke internet. Peserta lain yang berada di bus yang berbeda lalu di-broadcast agar segera mendaftarkan diri di milis yang baru saja dibuat. Yang lebih parah lagi adalah: total foto yang berhasil dikumpulkan ada sekitar 1.8 GB dan pada malam itu langsung diupload semuanya utuh-utuh. Nggak di resize atau diutak-atik dulu. Karena kebetulan ada salah satu peserta yang kerja di salah satu ISP di Gedung Cyber. Skalian deh..

It was another unforgettable weekend. Baru aja seminggu sebelumnya mendapat pengalaman rafting yang menyenangkan, langsung dilanjutkan dengan pengalaman baru yang tak kalah menyenangkan. Baru pertama kali ini bisa berkumpul dengan komunitas semacam ini. Lumayan lah, nggak menyesal aku ikut. Dan untungnya aku jadi pesertanya, jadi bisa berbaur dan berkenalan dengan orang-orang baru. Yang aku sesali cuma satu, acara dugem malam minggu itu yang nggak penting banget. Harusnya ada format acara lain yang lebih berguna dibandingkan dengan acara dugem yang cuma nambah-nambah dosa aja.

3 comments:

Christiono said...

Pak ada materi internet marketingnya gak? share dong :)

Eko Budi Prasetyo said...

Materinya ada, dalam format PDF, tapi berhubung kemarin memang sekaligus praktek, jadi mungkin agak-agak kurang ngena kali yah kalo cuma baca.

Ada alamat email? Ukurannya sekitar 4 MB

aam said...

Haha..
Fame Stationnya dah pindah ya dari Gedung Lippo yg di simpang 5 Bandung itu?
Huuu jd pengen jalan2 ke Cikole..