Friday, November 07, 2008

New Gmail Mobile 2.0

Beberapa waktu lalu, Google merilis aplikasi Gmail for Mobile versi 2.0 yang bisa digunakan di handphone yang mendukung J2ME atau di BlackBerry. Aplikasi Gmail yang versi terdahulu, sebelumnya memang sudah aku gunakan dari dulu. Fitur-fiturnya menurutku sudah cukup untuk versi mobilenya. Tampilan nggak ribet dan cepat aksesnya.

Berbeda dengan versi sebelumnya, pada versi 2.0 ini aku menemukan beberapa fitur baru yang lumayan berguna. Diantaranya adalah:

  • Menunya lebih banyak dibandingkan dengan versi sebelumnya. Banyaknya pilihan menu mencerminkan jumlah fitur yang semakin banyak.
  • Email yang akan dikirimkan bisa disimpan terlebih dahulu dan bisa diakses di menu Mobile Drafts. Pada versi sebelumnya, tidak ada opsi ini.
  • Versi saat ini telah terintegrasi dengan Contacts yang kita miliki di account Gmail. Dengan fitur ini, memudahkan pengguna untuk mencari kontak dan menampilkan informasi yang relevan. Selain itu, kontak bisa di look up ketika pengguna membuat email. Sangat membantu jika pengguna tersebut tahu nama kontaknya tapi tidak tahu alamat emailnya.
  • Dukungan untuk multiple account. Melalui fitur ini, pengguna bisa membuka email dari beberapa account sekaligus. Cukup membantu jika pengguna tersebut memiliki lebih dari satu account dan memisahkan fungsi masing-masing account (misalnya account yang pertama untuk keperluan kerja, sementara yang lain untuk nyampah :p). Jadi untuk membuka account lain, tidak perlu sign out terlebih dahulu. Tinggal switch aja.
  • Ada menu Chats yang menampilkan daftar percakapan yang pernah dilakukan, walaupun bacanya rada-rada nggak enak karena layarnya terbatas.
  • Bisa offline. Tidak seperti versi sebelumnya yang harus online dulu ketika membuka aplikasi, pada versi terbaru ini, email-email terakhir / terbaru yang sebelumnya telah diambil dari server bisa dibaca secara offline. Artinya, pengguna bisa membaca dan membuat email tanpa perlu terhubung dengan internet terlebih dahulu. Email yang dikirimkan pada mode offline akan disimpan pada folder Outbox dan akan dikirimkan ketika aplikasi online.
  • Performa yang lebih baik, yang menurutku diakibatkan oleh adanya fitur offline. Loading aplikasi menjadi lebih cepat, karena aplikasi hanya perlu mengambil data-data terakhir dari memory handphone.
  • Shortcut yang lebih banyak dibandingkan dengan versi sebelumnya. Sayangnya pada beberapa menu, shortcutnya tidak ditampilkan. Untuk melihat semua shortcut yang tersedia, bisa mengaksesnya melalui Menu->Go to->Help.
Berharap semoga kedepannya aplikasinya bisa terintegrasi dengan Chat. Bisa sekalian chatting ketika membaca email. Dan mungkin bisa dipertimbangkan juga untuk menambahkan fitur untuk memuat attachments di dalam email yang dibuat. Kalau perlu develop versi untuk Symbian yang lebih powerful namun kurang portable karena jumlah handphone yang didukung Symbian tak sebanyak Java.

0 comments: