Monday, October 20, 2008

Inspirasi..

Adalah hal yang sangat menyenangkan ketika setiap hari pikiran selalu dipenuhi dengan inspirasi-inspirasi. When your brain is filled with interesting things. It's the time when you'll have so many ideas. All the negative things will be washed out from your mind. Everything you see is beautiful. In my opinion, it's the best time to make a decision and plan your life. Inilah saat-saat dimana aku merasa sangat bersyukur karena aku bisa merasakan semua perasaan senang yang meluap-luap ini.

Walaupun demikian, bukanlah hal yang mudah untuk bisa selalu mengkondisikan diri agar pikiran ini selalu terisi dengan inspirasi-inspirasi positif. Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan pikiran-pikiran menjadi kacau sehingga menghalangi ide-ide baru masuk.

Menurutku, beberapa hal berikut ini dapat menumbuhkan ide-ide dan inspirasi-inspirasi baru:

  • Istirahat yang cukup. Ketika tubuh lelah, pikiran menjadi tidak jernih. Akibat yang aku rasakan adalah malah banyak waktu terbuang karena banyak mengerjakan hal-hal yang nggak jelas dan kurang bermanfaat. Ujung-ujungnya malah tambah kurang istirahat. Kalo udah sakit, akibatnya malah nggak bisa konsen untuk berpikir.
  • Membaca buku. Dengan membaca buku, seringkali aku mendapat hal-hal baru yang bisa dijadikan bahan perenungan untuk mengubah diri sendiri menjadi lebih baik. Ide-ide baru pun banyak aku dapatkan melalui cara ini.
  • Membaca blog orang lain. Menurutku ini adalah cara untuk memahami pemikiran-pemikiran orang lain. Blog mencerminkan identitas dan karakter si penulisnya - IMHO. Dan tentu saja pemikiran-pemikiran si penulis blog ini bisa memberikan ide-ide baru, terutama ide untuk menulis blog lagi :P.
  • Menyendiri. Dari beberapa cara, inilah yang paling aku sukai. Bukannya bermaksud menjadi makhluk anti sosial. Tetapi kadang-kadang aku merasa dengan menyendiri, aku mempunyai cukup waktu untuk 'lari' dari kesibukan. It's the best time to contemplate and plan my life. Dengan waktu ini, aku bisa merenung sejenak untuk mengetahui sejauh mana progress yang telah aku buat dalam hidup ini, mengevaluasi diri, dan menentukan langkah-langkah selanjutnya untuk memperbaiki kualitas hidup yang sedang aku jalani ini.
  • Hunting foto *halah*, terutama dengan objek-objek natural seperti pemandangan dan objek-objek berupa makhluk hidup. Ini mungkin baru beberapa kali aku lakukan. Tapi efeknya lumayan. Bisa aku anggap sebagai salah satu cara mensyukuri nikmat Allah yang diberikan melalui kedua mataku. Begitu banyak pemandangan-pemandangan indah ciptaanNya yang bisa aku capture kedalam sebuah dokumen digital. Terlebih lagi untuk objek-objek makro. Indahnya sayap kupu-kupu dan warna-warni serangga-serangga yang bertebaran di taman bisa aku rekam. Sungguh, hidup ini terasa begitu menyenangkan jika kita bisa ikhlas dan mensyukuri semua karuniaNya.

Ada masukan lain?
*bertanya adalah salah satu cara untuk mendapatkan pemikiran-pemikiran orang lain - halah*

3 comments:

ArnoldGanteng said...

procrastinate kerjaan elo... biasanya dapet inspirasi juga tuh... kadang klo kerjaan dikerjain terus bisa mentok, tapi klo kita ease up sebentar, tiba2x bisa jalan lagi aja =)

Eko Budi Prasetyo said...

Bener nold, jadi inget pas baca buku The 7 Habits of Highly Effective Teens. Disitu dibilang asahlah gergajimu. Jangan sampe lupa gergaji terus dipake sampe lupa diasah. Jangan sampe nyetir mulu sampe nggak inget buat ngisi bensin.

Aminah said...

Thanx inspirasinya.. Bis baca blogmu jd terinspirasi ssuatu.. Yup yg kualami skrg, ku dah ngerasa 'aga' nyaman di posisiku di tempat kerja yg berakibat ku malez 'move on'..
-mode curhat ON-