Wednesday, June 11, 2008

KRL Ekonomi AC Malam: Serpong Manggarai PP

Sejak hari senin (9 Juni 2008) kemarin dioperasikan KRL Ekonomi AC malam untuk jurusan Manggarai - Serpong PP. Jadwalnya bisa dilihat di tabel dibawah ini:

Serpong-Manggarai

No KA 4043 4045
Serpong 20.00 22.00
Rawabuntu Berhenti sebentar Berhenti sebentar
Sudimara 20.10 22.10
Pondokranji 20.15 22.15
Kebayoran Lama 20.25 22.25
Palmerah 20.31 22.31
Tanah Abang 20.38 22.38
Sudirman Berhenti sebentar Berhenti sebentar
Manggarai 20.47 22.47


Manggarai-Serpong
No KA 4044 4045
Manggarai 20.50 22.50
Sudirman Berhenti sebentar Berhenti sebentar
Tanah Abang 21.00 23.00
Palmerah 21.06 23.06
Kebayoran Lama 21.12 23.12
Pondokranji 21.21 23.21
Sudimara 21.28 23.28
Rawabuntu Berhenti sebentar Berhenti sebentar
Serpong21.35 23.35

Berhubung aku biasanya kalo pulang dari Stasiun Palmerah, aku bisa naik yang jadwalnya pukul 21.06 dan 23.06. Sangat membantu sekali jika kebetulan harus pulang malam dari kantor. Sebelumnya, kereta terakhir dari Palmerah adalah KRL ekonomi biasa yang berangkat pukul 20.22 ke Serpong. Beda sekitar 45 menit lah.

Tidak seperti KRL Ekonomi AC biasa yang harga karcisnya 5.000, harga tiket KRL Ekonomi AC malam adalah 6.000. Beda 1.000 aja sih nggak masalah. Yang penting kan service availability nya. :p

Daripada pulang mengunakan P20 ke arah Lebak Bulus ditambah ganti angkot 2 kali, lebih nyaman menggunakan kereta. Itung-itungannya pun beda lumayan jauh. Naik kendaraan biasa ke rumah rata-rata memerlukan waktu 1,5 jam. Sementara menggunakan kereta bisa 45 menit lebih cepat. Secara ongkos pun lebih murah menggunakan kereta. Naik bus ke Palmerah + kereta = 2.500 + 6.000 = 8.500. Sementara naik P20 + ganti angkot 2 kali = 9.500. Kereta jelas lebih nyaman. Ber-AC dan nggak macet.

Kemarin aku pulang malam, sekalian pengen mencoba KRL Ekonomi AC malam. Aku naik kereta yang pukul 21.06 dari Palmerah. Ternyata tidak sesepi yang aku kira. Masih kebagian tempat duduk sih. Tapi di gerbong yang aku naiki, semua tempat duduk telah terisi. Setelah lewat Stasiun Kebayoran Lama, penuh deh. Cukup banyak penumpang yang berdiri. Kurasa jika melihat jumlah penumpangnya, ternyata peminatnya cukup banyak, dan kebanyakan adalah orang-orang kantoran. PJKA tampaknya sudah mengetahui keadaan ini, makanya berani mengoperasikan KRL Ekonomi AC malam.

Dari sisi keamanan, sepertinya bisa dijamin aman. Kali ini, kondekturnya tidak hanya ditemani Polsuska saja (Polisi Khusus KA), tapi bener-bener polisi yang membawa senjata api. Mantap dah. Moga aja copet nggak berani masuk deh.

Semoga ini semua merupakan pertanda bahwa PJKA saat ini sedang berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa kereta api khususnya untuk Jabodetabek. Moga kedepannya PJKA bisa lebih baik lagi dalam memberikan pelayanannya.

0 comments: