Wednesday, December 26, 2007

Meng-Install Windows XP di Toshiba Portege M600

Secara default, sistem operasi yang terpasang pada notebook Toshiba Portege M600 E360 punyaku adalah Windows Vista. Karena notebook ini menggunakan hard disk SATA, aku jadi agak ragu apakah sebenarnya notebook ini bisa diinstall Windows XP atau tidak. Terlebih lagi di BIOS nya tidak ada pilihan konfigurasi hard disk SATA, yang biasanya bisa diatur menjadi mode AHCI atau IDE. Jika menggunakan mode IDE maka penggunaan hard disk SATA tidak berbeda dengan hard disk PATA yang terdahulu. Sementara jika menggunakan mode AHCI diperlukan driver khusus. Driver ini digunakan agar kemampuan hard disk SATA yang tidak ada di hard disk PATA bisa digunakan, seperti hot plug dan NCQ (Native Command Queuing).

Driver SATA ini harus di load ketika pertama kali menjalankan aplikasi setup Windows XP. Biasanya ketika muncul "Press F6 if you need to install a third party SCSI or RAID driver...", tekan F6 dan masukkan driver AHCI SATA ke dalam floppy disk. Jadi nanti aplikasi setup nya akan me-load drivernya dari floppy disk. Masalahnya adalah notebook jaman sekarang kan sudah nggak ada floppy disknya lagi. Sebenarnya masalahnya bisa langsung beres jika mode hard disknya bisa diubah ke IDE, cuma sayangnya tidak ada konfigurasinya di BIOS.

Setelah browsing sana-sini, aku menemukan link-link yang cukup membantu dari sini dan dari sini.

Ternyata ada aplikasi yang namanya nLite. Aplikasi freeware ini dapat digunakan untuk melakukan kustomisasi CD instalasi Microsoft Windows XP, 2000, dan 2003. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini, instalasi Windows XP dapat dikonfigurasi sehingga nantinya driver AHCI untuk hard disk SATA dapat dimasukkan ke dalam installer dan otomatis akan di load ketika menjalankan aplikasi setup nya.

Jadi, langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meng-install Windows XP di Toshiba Portege M600 (dan mungkin applicable untuk tipe notebook lain yang menggunakan SATA AHCI) adalah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi nLite dari sini : http://www.nliteos.com/download.html
  2. Aplikasi nLite ini membutuhkan .NET Framework 2.0. Jika belum terinstall, .NET Framework 2.0 dapat diunduh dari sini
  3. Unduh driver AHCI. Untuk Toshiba Portege M600, chipset yang digunakan adalah Intel G965 Express Chipset. Untuk drivernya, dapat diunduh di: sini. File driver AHCI tersebut bernama iata78_enu.exe. Kalau tipe chipset notebook yang dimaksud tidak ada di dalam daftar, tinggal googling aja. Kalau chipsetnya masih Intel sih harusnya bisa disearch di website Intel nya.
  4. Eksekusi file iata78_enu.exe -a dengan menggunakan priveledge administrator. Option -a hanya akan meng-extract driver AHCI ke direktori [Program Files]\Intel\Intel Matrix Storage Manager\Driver\
  5. Jalankan nLite.
  6. Browse ke direktori tempat file-file instalasi Windows XP disimpan.
  7. Pilih Integrate Drivers dan Create Bootable ISO.
  8. Pada tampilan Integrate Drivers, pilih Insert->Multiple driver folder. Lalu pilih folder [Program Files]\Intel\Intel Matrix Storage Manager\Driver\ (lokasi tempat driver AHCI di-extract).
  9. Pada tampilan selanjutnya, akan ditampilkan list driver AHCI/RAID. Pastikan mode yang dipilih adalah Textmode driver. Toshiba Portege M600 menggunakan AHCI Controller Intel(R) 82801HEM/HBM SATA AHCI Controller (Mobile ICH8M-E/M). Jadi pilih driver tersebut. Atau kalau mau sih sekalian aja di-add semuanya. Jadi bisa digunakan juga untuk notebook lain yang menggunakan chipset yang lain juga.
  10. Kemudian pilih Direct Burn untuk melakukan proses burning installer yang telah dimodifikasi ke dalam CD kosong. Atau pilih Create Image untuk menyimpan installernya kedalam format ISO.
  11. Selanjutnya install Windows XP seperti biasa.
  12. Sebagian driver bawaan Portege M600 hanya dapat digunakan di Microsoft Windows Vista. Jadi, beberapa tidak bisa digunakan di Windows XP. Driver-driver Portege M600 untuk Windows XP, dapat diunduh dari sini.

Sempat panik juga setelah selesai meng-install Windows XP, ternyata driver untuk Graphics Card nya nggak kompatibel di XP, karena memang untuk Windows Vista. Meng-install driver yang diunduh dari website Intel juga nggak bisa, karena sepertinya hanya mau diinstall menggunakan driver yang dikasih langsung dari manufakturnya. Beruntung Toshiba menyediakan driver Portege M600 untuk Windows XP.

108 comments:

jpmrblood said...

Ud, install aja ubuntu.

Eko Budi Prasetyo said...

Namanya juga penasaran. So far sih masih setia pake Ubuntu kok :P

Eddy AS said...

Terima kasih yach blog nya...
akhir nya 3 Notebook M600 pengadaan kantor berhasil saya install Windows XP SP 2.

Pertama nya, binggung juga...hehehe
sekarang sudah ready to use...

Di notebook pertama begitu berhasil langsung saya buat Windows XP bootable untuk M600 include driver... dengan nLite.. di notebook berikutnya.. langsung jalan tanpa install driver lagi...

Wah terima kasih banget nih atas ilmu nya....

Eko Budi Prasetyo said...

Sama-sama :D

Eddy AS said...

Mohon pencerahannya...
Ada beberapa bagian yang membuat saya bingung... yaitu pada saat penginstallan driver untuk WinXp..
Terutama pada bagian Display Driver nya.. sehingga lebih dari satu kali saya mendownload file driver nya tersebut di situs resmi penyedia driver.

Pada saat proses penginstalan, selalu ada saja yang demage (rusak) dari file tersebut..
sehingga tidak bisa digunakan driver nya..
Sepertinya driver tersebut gagal upload, sehingga file tersebut corrupt..
Untuk itu, saya sekali lagi mohon bantuan nya, dimana saya harus mendownload driver display pada Toshiba M600? Jika saudara eko memiliki driver nya, bolehkan saya minta kirim kan file driver display tersebut ke e-mail saya??
alamat email saya : eddyas@gmail.com

Sekali lagi mohon bantuannya.. dan atas bantuan nya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Eko Budi Prasetyo said...

Pak Eddy, aku sudah upload Display Driver nya ke Rapidshare. Ini alamat linknya :

PM600_XP_Display_Driver.zip

Jika mengalami kesulitan dalam mengunduh filenya, mungkin ada rekomendasi lain kemana saya mesti upload driver tersebut.

Eddy AS said...

Ok Pak, terima kasih... File nya sudah berhasil saya download dan berjalan di M600 nya tanpa ada masalah.

Terus yang ingin saya tanyakan kembali, mengenai nLite pak.. Apakah di nLite dapat membuat bootable XP dan driver2 nya..
sedangkan driver2 nya dalam format exe???

Terima Kasih

Eko Budi Prasetyo said...

Aku belum pernah nyoba sampe kesitu Pak. Tapi di dokumentasinya sepertinya bisa. Asal ada file *.inf nya, drivernya bisa diinclude disitu.

nuy said...

eh ada eko ..
anyway ... gue bagi installer winxp hasil nlite itu dong ko ...

Eko Budi Prasetyo said...

@nuy: OK deh boss, besok insyaAllah aku bawa ke lt 11..

syahrul said...

Mas Eko, HP 520 juga gitu. Jadi nanti mau nyobain cara Mas Eko, tapi masalah audio sama modem nya gimana? HP520 kalo pake XP, modem sama audio gak jalan :( trims...

Eko Budi Prasetyo said...

@syahrul:
Sepertinya untuk di HP 520 driver audio dan modemnya berbeda Pak. Coba browsing ke website HP nya aja Pak. Coba dicek apakah mereka menyediakan driver audio dan modem untuk XP atau tidak. Kebetulan untuk kasus yang M600 driver-driver nya ada semua.

nuwa said...

Mohon bantuan..
saya ada menginstall Windows XP SP 2 pada notebook M600. tetapi ada satu lagi driver yang belum dijumpai. Microsoft ACPI Compliant-System. apa itu ya?

Terima Kasih.

Eko Budi Prasetyo said...

Hmm.. ACPI itu aku kurang begitu ngerti tepatnya apa. Cuma setahuku berhubungan dengan Power Interface nya deh. Btw, memang ada ya drivernya TOSHIBA untuk ACPI? Setahuku dari Microsoft nya sendiri deh yang ngeluarin.

Indra said...

Dear all,

Saya sudah bisa install NB M600 tapi saya butuh driver lainnya selain vga ada yang punya gk link yang lain selain ke toshiba....
saya sudah coba masuk ke toshibanya tapi error terus nih...

Please help..... Urgent nih...

Eko Budi Prasetyo said...

Kalo aku upload ke Rapidshare gmn? Perlunya driver apa aja Mas?

Alex said...

A friend of mine bought a Portégé M605 in Pekin last month. He tried to install Windows XP with no success at all. But with your help, I installed it smoothly. Thanks from Argentina!

Anonymous said...

kalau toshiba m600 di install windows 2000 prof kok dak bisa kenapa yah mhon petunjuk

GunBlade said...

Thanks bro... I'm also using the M600 tosh lappy. Installed everything, even the graphic driver... I'm doing a dual-boot on this baby, so there's Vista and XP Pro here..

Prob is after i've finished there's something that is still not installed, check on the device manager and it says something about Base System Device... what is that actually? thanks man...

Eko Budi Prasetyo said...

@anonymous
Untuk windows 2000 aku kurang tahu nih. Maklum belum nyoba. Sepertinya driver hardwarenya memang tidak tersedia untuk Windows 2000. Apalagi kalo nggak salah denger, untuk SATA nya aja perlu konfigurasi yang lebih ribet lagi.

@gunblade
Really? My installation was OK. All hardware were recognized properly using Win XP. I guess there are some missing driver for your hardware. Perhaps, you could reinstall all the driver provided by Toshiba.

I Nur said...

Thanks bos... udah berhasil ke XP. udah install semua driver yg di sediakan dari toshiba asia, semuanya ok tp ada masalah di sound driver. gak mau terdeteksi. di device manager ada "PCI Device" yg belum terdeteksi. mohon petunjuk...

Anonymous said...

Tolong dong, saya downgrade ke xp, tapi ada masalah utk card edaernya. Sebelumnya waktu pke vista sih ngga masalah. Bisa bantu ngga utk download card reader toshiba portege m600 to xp. Tolong ya. Thank ya

Eko Budi Prasetyo said...

@i nur:
Btw, beneran tuh nggak bisa? Pernah dicoba diinstall ulang tp driver sound card nya diinstall sebelum driver2 yang lain nggak?

@anonymous:
Driver Card Reader nya sekitar 2,6 MB. Perlu aku kirim kemana nih?

I Nur said...

Yup. Gak bisa soundnya. berulang kali di install tetap gak konek. padahal udah ngambil dari toshiba dan realtek. driver lainnya sih udah ok.
karena penasaran win xp nya saya install ulang dan masukkan pertama sound driver tetap gak konek.
Saya pake Win XP pro sp1.
Mohon petunjuk lagi bos...

Eko Budi Prasetyo said...

Hmm.. mungkin masalahnya di Sp1 nya itu sendiri kali yah. Soalnya aku pake SP2 nggak masalah tuh. Kecuali kalo setelah pake SP2 masih bermasalah, itu aku ndak tahu lagi deh. Coba aja pake SP2, siapa tahu masalahnya bisa beres :D

Anonymous said...

Utuk yg masalah driver card reader, thanks ya atas infonya. Bisa tolong di kirim ke email an novina_haswaty@yahoo.co.id.
Trims ya

Eko Budi Prasetyo said...

@anonymous:
Udah aku kirim ya ke emailnya

Anonymous said...

Thanks ya atas driver card readernya sudah di instal, tapi belum dicoba, bisa jalan apa ngga.
Saya dpt info ktnya klu utk portege m600 to xp pakai file yg keluar bulan juli 2007, sekitar 4 Mb lebih, tapi ngga jalan juga. Klu ngga bisa jalan juga, kira2 ada lagi ngga utuk driver dimaksud. Atau notebook saya yg bermasalah dlm card readernya kali ya.Thanks ya.

Anonymous said...

tolong upload sound driver toshiba M600 ke rapid share.trims.....

Eko Budi Prasetyo said...

Maaf baru sempet aku upload. Linknya ada disini

untuk driver-driver lainnya bisa diambil di:

http://rapidshare.com/users/32HYCP

Patrick said...

Bro,

jujur gw agak bingung nih, jalanin iata dan nlite nya tuh darimana ? gw dah coba jalanin iata -a dari dos prompt vist n berhasil, tapi nlite nya kok gagal dijalankan ya...and katanya di embedded ke ISO nya XP, maksudnya ??

4. run nLite yang sudah didownload, browse ke file installer XP --->> nih yg gw ga ngerti, maksudnya installer XP yang dimana ??

mohon pencerahan ya..bener2 butuh nih..

Thx alot bro..

Regards,

Patrick Gerard M.
patrickmasoko@gmail.com

Eko Budi Prasetyo said...

Untuk nlite nya diinstall ke PC atau laptop. Aplikasi desktop biasa kok. Kalo iata nya memang dari dos prompt. So far, aku belum pernah nyoba untuk nginstall nlitenya di Vista. Btw, aplikasi nlite dan iata nya bisa dijalankan dari komputer atau PC lain kok. Nggak harus di M600 nya.

Installer XP itu maksudnya ya CD instalasi XP, yang sebelumnya sudah dicopy dulu ke local Hard Disk. Nanti nlite bisa melakukan konfigurasi installer XP tersebut dan memasukkan driver SATA nya ke installernya. Jadi nanti waktu setup, drivernya udh di embed ke installernya. Setelah semua proses selesai, yang terakhir adalah membuat ISO (Image dari CD) atau mem-burn installer yang sudah diedit tadi ke CD. Dan CD hasil burn nya itu bisa digunakan untuk meng-install XP di M600.

Semoga bisa membantu...

Patrick said...

DONE BRO !! Thanks alottt...waduhh bener2 kebantu nih...

btw gw download driver vga yg dari loe kok tetep g bisa yah...bisa tolong upload ulang ? atau kirim via email patrickmasoko[at]gmail.com kabarin yahh...i owe you!!

Patrick said...

Sebenarnya file nya di download bisa bro tp kenapa yah waktu gw mau install selalu bilang " Doesnt meet minimum requirements " ..gw dah coba juga download dr web resminya tp jg sama penyakitnya..ada solusi ?? gw pake Win xp sp2..thx


Patrick

Eko Budi Prasetyo said...

Masa sih? tw, Portege M600 nya seri yang mana tuh? Aku pake yg E360 fine2 aja.

pesma said...

saya dah nyoba buat cd installernya pake nlite yg include driver SATAnya, pas mau install macet, ada pesan "The file iastor.sys is corrupted". ngg bisa lanjut untuk downgrade M-600 Vista ke win xp. Mohon infonya ada apa ya ...

Eko Budi Prasetyo said...

Kalo corrupted bgitu sepertinya ada masalah pas nge-burn CD nya. Udah dicoba lagi burn ulang CD nya?

PT. Intramedia Indah Indonesia said...

Ada yang tahu cara buka password BIOS nya gak ya? Thnx!

pesma said...

Sy mungkin udh habis puluhan cd blank untuk ekperimen, juga dah coba burning pake deepburner, hasilnya tetap sama. Pesan yang muncul "The file iastor.sys is corrupted".
Ketika mengkopi installer Win XP ke hardisk ngg ada masalah, juga ketika proses d nlite, lancar2 aja. Mohon pencerahan.
Thanks. Mahyuddin - Samarinda kaltim

Eko Budi Prasetyo said...

Waduh.. kok kasusnya aneh bgini ya. Bisa minta sample file-file drivernya? Termasuk iastor.sys nya itu.

Budi said...

Bro,
bisa dibantu gak..koq aku klik link untuk donlod driver XP nya gak bisa kebuka-2 ya ..

Eko Budi Prasetyo said...

Donlot dr mana bro? Dari website toshiba nya atau dari link rapidshare yang udh aku post?

Anonymous said...

AGP Texture Acceleration di Portege saya gak bisa terinstal, apa memang ga tersedia? mohon petunjuknya...

Anonymous said...

Lajutan masalah AGP di Portege M600 saya...

Saya cek di Device manager ada dua driver yang belum terinstal
1. biometric coprocessor (maksudnya apa tuh?)
2. unknown device (tapi di propertinya ada keterangan "on Location: on Microsoft ACPI-Compliant System") bagaimana tuh?

saya benar2 mohon petunjuk bung Eko

bisa balas disini bisa kirim ke erosdonny@google.com

thanks sebelumnya

Asud said...

Pak Bos,

maw tanya jg dunk...
saya pake toshiba L200, kasusnya sih hmpir sama. saya ud pke nLite, installer XPnya ud jdi, tpi kok msi gak k'detect gtu y hrdisknya?
bneran deh, mpe bgadang, mumettt.
mna laptop punya spv lgi...
mhon pncerahannya yaph, ditunggu reply nya di abhielawa@telkom.net

Makasih Banyak

ariskurniawan said...

Makasih informasi yang anda posting, sungguh SANGAT MEMBANTU sekali bagi kita-kita yang baru aja nginstall XP di Toshiba Portege M600.
Kebetulan, waktu saya mau menginstall XP di Portege M600, sempat kebingungan, karena waktu saya mau install driver-drivernya ternyata bertuliskan untuk Vista.
Dan memang, begitu saya liat di body tempat pijakan telapak tangan kita, ternyata tertulis Windows Vista Basic.
Wah...langsung aja saya cari driver nya melalui GooGle...dan akhirnya saya mendapat petunjuk dari blog anda.
Sekali lagi terima kasih. Ilmu yang diamalkan kepada publik, sungguh tidak membuat si pengamal semakin kecil/tidak terpakai, tapi justru mendapatan amal yang luar biasa.
Thanks brooo....

joni said...

alo Mas,
butuh bantuan na untuk instal xp di Satellite L310-A411, apakah sama seperti di Portege M600?

Eko Budi Prasetyo said...

@mas Joni
Sepertinya sih kalo aku lihat dari specnya, chipset yang digunakan sama dengan yang di Portege M600. Harusnya driver untuk SATA nya juga sama.

gayoe said...

mas, saya punya temen yang punya toshiba m600 dan pengen install xp.

saya masuk ke folder rapidshare anda tapi kok butuh password?
passwordnya apa ya?

terima kasih atas info2nya.
untung sudah mengenal nlite terlebih dahulu, jadi lumayan paham ma yang diomongin hehehe...

buat yang pengen install nlite bisa langsung ke websitenya kok...free!

zahra said...

kalo driver utk mass storage controller toshiba satellite L310, eko punya? ternyata seri itu, hanya baru ada di toshiba thailand saja.

thx a lot

boneka said...

Gw liat blognya usefull nehh... btw gw jg ada masalah nihh... kmaren gw abs instal sp2 di m 600 gw...tapi gw g ada vga drivernya... udah gw cari di www.pc.toshiba-asia.com, tapi bwt vga driver pm 600 g ada... siapapun itu yang punya vga driver bagi gw donk... Pliizzzzzzzz...Ok.. Thx..www

boneka said...

HH HH EEEEEE LL PPPP
HH HH EE LL PP PP
HHHHHH EEEEEE LL PPPP
HH HH EE LL PP
HH HH EEEEEE LLLLLL PP

M M EEEEEE
MM MM EE
MMMMMM EEEEEE
MM MM EE
MM MM EEEEEE

Eko Budi Prasetyo said...

@gayoe
Passwordnya pm600 Mas. Maaf nih, udah lama nggak login ke halaman rapidsharenya, sampe nggak tahu ada perubahan settingan untuk personal foldernya.

@zahra
Maksudnya driver mass storage controller itu driver SATA mbak? Kalo driver SATA nya kelihatannya sama dengan yang Portege M600. Aku lihat Chipset yang dipake sama, Intel 965GM Express

@boneka
Di pc.toshiba-asia.com masa nggak ada? Untuk tipe seperti Portege M600 E310, driver VGA yang ada disana memang nggak bisa diinstall (karena beda chipset). Perlu download driver dari intel yang bisa di-unduh disini.

Johan said...

thanks ya.

akhirnya sukses juga install xp dengan sata.

http://www.johanlau.com

Anjar Asmoro said...

mas,
ikutan tanya2 mengenai m600 donks...
`Nlite itu apa maksudnya, tolong jelaskan dengan detail yach pleace...

Eko Budi Prasetyo said...

NLite itu intinya cuma tools yang bisa digunakan untuk meng-configure instalasi Windows. Yang dalam artikel ini digunakan untuk meng-embed driver SATA ke dalam instalasi nya.

Ken Law said...

terima kasih mas eko, ngebantu bgt neh infonya. oh yah kenapa ga share drivernya di indowebster ajah, gratis dan kebut klo di indonesia...
thanks

Anonymous said...

klo m600 nya keburu blank, gak mau booting terus diapain yahhh..(save mode etc..., not responding terus gitu) dibuang aj x ya

dt1ga@yahoo.co.id said...

mas, aq bisa minta tolong g? ltpop ku toshiba a205. mo aq install windows xp, tp kn g da drivernya.klo pake cara yang udah mas ajarin bisa g? trus, klo bisa, aq minta tlong cariin drivernya ya mas. ntar mas taruh d rapidshare az mas. makasih banyak ya mas..

Eko Budi Prasetyo said...

Untuk Install XP nya sih aku rasa bisa pake cara sama. Cuma untuk drivernya aku kurang tahu nih. Aku coba browsing nggak nemu. Nggak tahu juga tuh apakah kompatibel dengan yang A200.

sultan said...

hallo mas eko

thanks atas pencerahannya, saya sudah menginstall XP sp 2 di M600. tetepi untuk driver "base system device"nya (ada 3 buah) itu tidak bisa. apakah mas eko punya driver tersebut dan untuk driver soundnya jg tidak bisa ya? dan untuk driver yg lainnya bisa. saya download langsung dari toshibanya. atau bisa kah di kirim ke email saya sultan@de-mandiri.com
ok thanks ya sebelumnya.

sultan said...

hallo mas eko

thanks atas pencerahannya, saya sudah menginstall XP sp 2 di M600. tetepi untuk driver "base system device"nya (ada 3 buah) itu tidak bisa. apakah mas eko punya driver tersebut dan untuk driver soundnya jg tidak bisa ya? dan untuk driver yg lainnya bisa. saya download langsung dari toshibanya. atau bisa kah di kirim ke email saya sultan@de-mandiri.com
ok thanks ya sebelumnya.

tam said...

mas sutan untuk drivernya base sytem device itu biasa card reader. bisa di dl di toshibanya lsg deh. cuman saya ada masalah masih ada 1 unknown device yg blom ketemu. semua driver standard toshiba udh sy download .
mungin ada yg bisa bantu??

heri said...

mas saya dah instal toshiba portaege m600 dengan win xp tp saya kesulitan mencari software recovery disk creator. ada yang bisa bantu ga spy bisa di download

Eko Budi Prasetyo said...

@Heri:
Apakah yang dimaksud adalah aplikasi Disc Creator? Driver tsb ada di website toshiba. Atau bisa langsung melalui link dibawah ini:
Part 1
Part 2
Part 3

Anonymous said...

Makasih ilmunya mas Eko...
Saya pakai toshiba M600 PPM60L, windows xp sp2 sudah berjalan normal kecuali sound masih belum ketemu, padahal driver dari toshiba dan dari link mas Eko juga udah tak coba.
Hardware yang masih ditemukan Microsoft UUA for High Definition Audio.

Apa ada solusi lain? Atau karena saya install driver audio belakangan sehingga conflict dengan driver lain?

Anonymous said...

bro.
gw kan biz format ulang toshiba A-100 yang awalnya itu pake vista trus gw format ke XP. saat format ke XP nya sih ga ada masalah dengan hardisd SATA nya. tap yang jadi masalah pada saat install driver2 hardware nya. dari semua hardwarenya yang belum gw dapet tinggal "biometric cooprcessor" dan VGA controler. mohon pencerahannya.
terima kasih.

regards,

ILSAN NUR P

Eko Budi Prasetyo said...

@anonymous1:
Sepertinya bisa aja terjadi conflict.
Serinya (M600 PPM60L) juga sama dengan yang punyaku, aneh aja kalo di punyaku bisa di punyanya Mas kok nggak bisa. Waktu itu aku installnya driver audio & grafik card nya duluan. Mungkin bisa dicoba diinstall lagi tetapi driver audio nya diinstall duluan.

@anonymous2:
Mas Ilsan, untuk driver-driver tersebut bisa diunduh di website toshibanya (http://pc.toshiba-asia.com/support/downloads/index.jsp). Aku lihat disitu driver-drivernya sudah mencakup VGA dan biometric (finger print).

tam said...

mau tanya donk bos kok klo shortcut key "Fn+F5" kok ngakk berfungsi yah abis install winxp..
Please bos saya ngomel2 kok malahan install xp kok ngakk bisa.
Please help me...

qwer said...

Mohon bantuan,saya sgt br dg notbok. saya ingin downgrad nb saya m600 ke xp dg mengikuti petunjuk anda ttp ktk menginstal muncul tulisan "The file iastor.sys is corrupted". tlg bntu saya...please

Eko Budi Prasetyo said...

@Mas Tam:
Sepertinya driver Toshiba Hotkey Utility nya belum diinstall Mas. Silakan diinstall dulu drivernya. Beberapa diantara shortcut "Fn+F1-12" hanya bisa digunakan ketika driver tersebut telah diinstall

Anonymous said...

Mas, kmaren gw install power saver m600 for xp, tp gak bisa jalan malah muncul pesan fatal eror & library TPS.exe nya gak ditemukan.. PArahnya lagi, power savernya gak bisa di uninstall.. Tiap kali selese booting pasti pesan fatal eror nya muncul..

Pertanyaannya :

- gimana cara untuk ngilangin pesan error nya, n apa yg harus gw lakuin untuk perbaikin power savernya? Gw dah coba download di toshiba, tp failed coz gk semua file power savernya bisa di download..

- untuk hot key hibernate, punya gw kok gak bisa dipake ya?

thx ya mas..

Rendy Rinaldy said...

bos eko,
saya mau install xp nih

semua driver dah aku download
xp sp3 bisa ga? aku pake xp sp3 yang resmi dari microsoft sih...

bro, nanti fungsi yang ada di vista bisa jalan gak di xp kek Flash Card yang berat memory itu, dan lain lain...

Eko Budi Prasetyo said...

Pake SP3 harusnya bisa. Tapi aku belum pernah nyoba sih. Soalnya waktu itu SP3 nya belum keluar.

Semua fungsi-fungsinya hardwarenya bisa jalan semua kok selama drivernya diinstall..

Anonymous said...

mas kok gak prnh ktm tu yg namany iata78 buat instal xp ku di toshiba l310

bilmazid said...

akhirnya bisa juga nih install XP di M600 punyaku, setelah browsing kesana-kemari. enak lebih cepat dibanding menggunakan vista. lebih ok lagi kalo windows7 nanti keluar. saya coba install versi beta trial 30 hari, ok banget fitur n tampilannya, ringan kayak XP

Eko Budi Prasetyo said...

@bilmazid:
Wah beneran tuh enteng Windows 7? Udah dicoba di Portege M600 juga? Denger-denger katanya requirement spec nya sama aja kayak Vista. Tapi sepertinya, masih lebih milih XP lah.

Fahmee said...

mas aku minta tolong dong, kok ada tulisan ini yah "The file iastor.sys is corrupted"..
aku liat coment2nya ada juga yang begitu yah? itu trus gimana
THX before

Mas Badai said...

Enak lagi klo Anda buat aja CD Iso XP plus NLite, dan upload ke indowebster, jadi kami tinggal install. hehehehe...



BTW: Nice Post

jackson said...

Bos bingung banget nih.. aku masuk di http://pc.toshiba-asia.com/support/downloads/index.jsp tapi koq gak ada pilihan untuk portege m600 adanya m500 m800 m750 itu gimana ya.. aku dah coba ke toshiba.com toshiba-asia.com dll tapi hasilnya sama aja pls help.. thx b4

Eko Budi Prasetyo said...

Sepertinya driver Portege M600 udah nggak disupport lagi ama Toshibanya. Semua driver untuk XP nya sudah aku upload ke :
http://www.indowebster.com/Driver_XP_PM600.html

Silakan didownload dari sana..

Hasbi573 said...

pengen nanya nih, sama ga' sih cara nginstall os di portege m800 ama portege m600, bedanya aku pakai ubuntu 9.4 ??? & masalahnya waktu aku install ubunt 9.4 di nbku, yang muncul saat booting tu cuman kalimat neh"cannot found operating system"kalau ga' bisa nemuin os terus solusinya gimana donk??? apa bisa nlite dipake untuk ubunt 9.4??? mohon bantuannya...

balas sini aja
amh2rjl@gmail.com

fatur said...

Akhirnya ketemu juga caranya..
terima kasih bos..
mampir bos..

iqbal said...

gue pake winxp sp3, tinggal dua driver yang gak sukses diinstall... audio ama modem.... gue dah pake driver dari website toshiba langsung masih tetep aja gak bisa... alias audio gue gak kedetek.... puluhan kali gue format ulang hasilnya sama. tapi jika gue pake vista dia normal bisa diinstal audio dan tidak ada masalah.... mohon pencerahan bagi yang memiliki solusi....

iqbal said...

sorry gue lupa... gue juga pake toshiba portege M600 model PPM60L

ferre said...

Luar biasa petunjuknya...menyelamatkan saya dari keadaan hidup dan mati hehehe...makasih ya mas eko!

Evet Hestara said...

mas, kok saya add YM nya ditolak?
saya pake portege m600 ppm60 bisa gak? saya udah bete banget pake vista, laptop gak di pake tp memory 50% kepake..
apakah step-step yg anda jelaskan sudah complete?

jancuk said...

bisa di upload di indowebster dari pada di rapid lebih cepat

ifan said...

Mas Eko terima kasih banyak yah.. cdnya berguna sekali mas, laptop saya sekarang ngga lemot lagi berkat bantuan mas eko... sempet panik karena display driver yang tidak mau diinstall, tetapi setelah menyusuri comment di blog mas eko dan menemukan link display driver untuk chipset 945 semua langsung terkendali mas...
thanks banget dan sorry kalo merepotkan ya mas, sukses buat mas eko...

fikry said...

dear mas eko

mas mohon bantuannya nih,mas saya sudah instal notebook beserta driver2nya dari link toshibanya,tapi untuk driver soundnya tidak terdetect sama sekali,saya sudah lakukan instal ulang 3 kali tapi masih tidak muncul juga,padahal kalo make vista muncul drivernya mas,mohon bantuannya terima kasih

nemot10 said...

masukkan driver AHCI yang berada di [Program Files]\Intel\Intel Matrix Storage Manager\Driver\

di situ ga da presets.ini
gmn dunks??

similikiti said...

mas.. numpang tanya dong saya udah nyoba insatal XP di vista cuma masalah'nya kalo pas konek jaringan baik itu melalui kabel maupun wifi mesti langsung hang.. itu knapa ya mas.. ada solusinya gak.. (padahal udah dinsyal smua driver'nya)

Anonymous said...

Mas bisa minta file inf dari extrac driver hardisk AHCI iata78_enu.exe. tolong kirim ke email saya a2c4bdg@yahoo.co.id, sebelumnya terima kasih

Anonymous said...

saya instal ulang xp sp2 sound driver nya gx mau koneksi, padahal sound driver saya sdah sesuai dengan sound laptop saya.
saya instal lwat device manager jga gx tetep ga mau keluar soundnya.
mohon solusinya,notebook saya toshiba satellit u305

Anonymous said...

saya instal ulang xp soun driver nya gx mau koneksi, padahal sound driver saya sdah sesuai dengan sound laptop saya.
saya instal lwat device manajer jga gx konek.
mohon solusinya,notebook saya toshiba satellit u305
by.rico
ricoeko@ymail.com

Anonymous said...

mas,saya install xp sp2 sound driver nya gx mau koneksi, padahal sound driver saya sdah sesuai dengan sound laptop saya.
saya instal lwat device manager jga gx tetep ga mau keluar soundnya.
mohon solusinya,notebook saya toshiba satellit u305
by.rico
ricoeko@ymail.com

Anonymous said...

mohon petunjuk,
gimana sih meng recovery Toshiba Portage M600?

windows aslinya vista, tp sekarang rusak.

saya bingung, biasanya ada cd recovernya. tapi gak ada..

trus gimana ya cara menaggulanginya ya..?

atau saya minta no yang bisa dihubungi agar saya faham.

081808121117
anton_akmaliah@yahoo.com

kie said...

bro saya kok g bisa instal driver display di M600 ya ??
tidak dapat menemukan minimum requirements.gmana ya ?

thepenk said...

pernah mengalami sound tidak bunyi??? solusi seperti apa yang dipake??

alam said...

mas eko, tolong aku.
aqmau downgrade portege m500 ke xp, drivernya susah skali dicari?
mohon bantuanya
trims...

T3109071 said...

Bro gua bingung maksud dari Eksekusi file iata78_enu.exe -a dengan menggunakan ( priveledge administrat )???

Anonymous said...

mas.. setelah di install windows xp sp3 di toshiba portage m600 ko drive E / dvd-rom ya ga munculya? kaloe emang ada drivernya tolong kasih link ya dong ke saya? saya sudah cari ko ga dapet2 :((, driver matshita UJ-852S

kuple said...

waduh ribet mas saya kurang mengerti menggabungkan filenya burn cd filenya di gabung atau tidak …….

saya sudah mencoba tapi binggung

saya ada saran lain niee mass lebih mudah……

saya instal langsung menggunakan windows bootable sata

windows xp2 sata….alhamdulilah langsung bisa seperti instal pada pc biasa laptop saya toshiba portage M600.

untuk yang binggung coba aja cara saya mungkin dapat membantu……

jangan lupa pengalaman saya sebelum instal ulang xp download dahulu drivernya…..

thank om

megono said...

bos minta file nya donk.... donwload ga bisa tuh... di share di ziddu atau 4share...

Anonymous said...

Mas Eko,

Saya install Win XP SP3 licensed plus CD original, tp bermasalah dgn Display Driver.
Muncul error "This computer does not meet the minimum requirement to install...."
Coba download langsung ke Intel.com tetap nga bisa.
Pake Intel Chipset ID Util ke detect "Mobile Intel(R) 945GM/GMS/940GML Express Chipsets or Intel(R) 945GT Express Chipset".

Ada solusi nga buat saya? Trims

Hendy said...

Mas Eko, terima kasih untuk infonya.. Berhasil dengan lancar..

Pabrik Tas said...

thanks infonya,,,,,

adlin aliano said...

mas klo mau instal melalui usb bs??
kebetulan pnya saya bkn m600 tp portage m500..
kira2 ada ritual lg ga tuh mas ..
mohon pencerahaan nya ..