Friday, December 14, 2007

Cape Deh...

Malam ini, kesabaranku diuji. Berhubung sore-sore ada meeting di luar jam kantor, jadinya aku harus pulang agak malam. Sebenarnya nggak apa-apa sih. Yang jadi masalah adalah kejadian setelahnya. Meetingnya sih selesai tepat sebelum maghrib. Karena masih ada pekerjaan yang belum selesai, aku memutuskan untuk menyelesaikannya malam itu juga. Sekalian nunggu waktu isya. Supaya ketika pulang nanti udah tenang. Tinggal tidur.

Setelah sholat Isya, ketika udah mau pulang, aku diminta temenku untuk menyelesaikan suatu masalah teknis dengan salah satu Content Provider alias CP. Beberapa hari yang lalu beberapa layanan CP ini ditutup karena menyalahi kesepakatan yang berlaku. Dan malam itu layanan tersebut sudah dibuka kembali tetapi mengalami masalah.

Well, berhubung orang teknis yang tersisa cuma aku, ya sudahlah aku terima pekerjaan itu. Aku mencoba memeriksa apakah ada kesalahan konfigurasi atau tidak, dan ternyata tak ada. Bahkan ujung-ujungnya sampe telpon-telponan hingga berlanjut ke chatting di YM untuk menyelesaikan masalah ini. Karena kurasa disisi sistemku nggak ada masalah, akhirnya aku meminta log query yang lebih lengkap ke CP tersebut. Jam sudah menunjukkan pukul 9 malam. Hhh.. Kalo jam segini aku pulang, sampai di rumah jam setengah 11 pikirku. Padahal ini masalah belum selesai. Melalui YM aku menunggu respon yang tak kunjung datang, log query yang kuminta untuk menyelidiki masalah lebih lanjut. Aku coba tanyakan lagi, tapi tetap tak ada respon. Duh.. dalam hatiku ini yang butuh siapa, ditanya kok nggak menjawab. Berhubung besok paginya aku ada acara, dan mesti berangkat pagi, aku memutuskan untuk segera pulang. Bodo ah, udah capek aku 'dikerjain' seperti ini. Memangnya nggak ada kerjaan lain apa sampe jam 9 malem di kantor nungguin sesuatu yang nggak jelas. Mana mendadak pula lagi.

Secara track record, ini CP sering bermasalah, aku juga tahunya dari temenku yang menangani CP ini. Dari mulai pelanggaran-pelanggaran ringan sampe dengan pelanggaran berat (dapet surat peringatan dari B**I juga), ada aja masalahnya. Konon, aku jadi merasa bersalah juga ketika melihat log data sms yang dikirimkan pelanggan ke CP ini. Penuh kata-kata kasar dan kata-kata makian. Atas dasar inilah aku jadi agak-agak males jika berhubungan dengan CP ini. Cuma karena memang namanya juga kerjaan, mau nggak mau mesti dikerjain. Tapi apa yang kualami sekarang ini udah kelewatan. Di perjalanan aku mencoba rileks. Beberapa kali ada telepon masuk, sekitar jam 10 yang aku tahu itu dari CP tersebut. Udah males aku angkat. Lagipula yang bener aja jam 10 mesti ngurusin yang beginian. Aku biarkan saja. Biar tahu rasa tuh. Kuperkirakan revenue CP tersebut yang hilang selama weekend ini (dengan asumsi hari senin masalahnya solved) bisa sampe puluhan juta, dan mungkin lebih. Biarin ah, salah sendiri nggak merespon waktu aku tanya tadi.

Semoga saja keputusan yang aku ambil tepat. Walaupun tercampur oleh emosi-emosi dan persepsi negatif.

0 comments: