Thursday, November 15, 2007

SOCKS Proxy dengan SSH

Berhubung di kantor ada akses ke server yang terhubung langsung ke internet (dalam artian nggak lewat proxy lagi), aku bisa membuat SOCKS Proxy dengan menggunakan ssh. Karena di kantor menggunakan proxy, jadi akses ke luar menggunakan port-port selain port 80 diblok. Dengan menggunakan SOCKS Proxy, lumayan lah jadi bisa akses port-port lain seperti FTP, IMAP, dan SMTP.

Dengan menggunakan perintah :

ssh -D @server

contoh : ssh -D 1080 user@10.1.1.1

maka setelah terkoneksi ke server 10.1.1.1 akan dibuat SOCKS Proxy di localhost:1080. Email Client seperti Thunderbird pun bisa digunakan dengan menggunakan Socks Proxy yang telah dibuat ini. Untuk keperluan browsing di Firefox, cuma perlu mengatur agar proxy yang digunakan adalah Socks Host dan mengisi alamatnya dengan localhost atau 127.0.0.1 di port 1080.

Sebagai informasi tambahan, karena menggunakan koneksi SSH yang notabene secure, jadi semua paket yang masuk dan keluar akan dienkripsi dulu. Lebih aman dan nggak akan bisa di snoop dengan mudah.

3 comments:

jefri said...

sniffing kali ya ko bukan snoop, soalnya snooping itu umumnya analoginya ke hal yang baik2x, seperti igmp snooping, dhcp snooping, packet inspection

jpmrblood said...

gak juga, Jef. Kalo admin sono yang melakukan sniffing, itu namanya snooping. Jadi, Eko bener juga kalo mo menghindari admin sono yang suka usil. :P

Eko Budi Prasetyo said...

Bwt jefri dan JP, thx buat masukannya. Maklum, masih belum terlalu berpengalaman niy :P