Saturday, November 03, 2007

Mudahnya konek ke internet menggunakan Ubuntu

Semenjak install Ubuntu Gutsy Gibbon di laptop, aku nggak pernah mencoba untuk konek ke internet selain menggunakan WiFi atau kabel LAN di kantor. Di rumah, sekarang udah rada-rada jarang untuk online. Sepulang kerja maunya cepet-cepet tidur. Biar bisa bangun lebih pagi keesokan harinya.

Kebetulan hari ini aku pulang ke Ciamis. Dan ketika mau coba konek ke internet lewat Ubuntu, aku baru sadar kalo Ubuntu nya sudah aku upgrade. Dan belum sempet install package macem-macem lagi. Biasanya sih dulu konek ke internet menggunakan media bluetooth. Berhubung bluetoothnya lupa kubawa, jadinya yang memungkinkan cuma melalui kabel data. Untungnya kabel data N70 ku selalu kubawa.

Untungnya konfigurasi untuk konek ke internetnya nggak ribet. Tinggal mengedit file /etc/wvdial.conf yang isinya kira-kira seperti ini:

[Dialer Defaults]
modem = /dev/ttyACM0
baud = 460800
init1 = AT
init2 = AT+CGDCONT=1, "IP", "flash"
phone = *99#
Username = ''
Password = ''
Stuppid Mode = yes


Berhubung aku pakai Telkomsel Flash, maka settingan init2 nya seperti diatas. Belum aku coba juga sih menggunakan operator dan handset tipe lain. Seharusnya nggak jauh beda.

Semakin seneng aja pake Ubuntu. Ga perlu install macem-macem udah bisa konek ke internet dengan mudah. Berbeda dengan menggunakan Windows. Dimana aku mesti install dan menjalankan Nokia PC Suite terlebih dahulu untuk konek ke internet. Mana aplikasinya lumayan makan memori juga lagi. I Love Ubuntu... ;)

2 comments:

cardepus said...

Eko...gw ga bisa konek ke internet pake Ubuntu. Dulu pas sama JP bisa, tapi kok setelah kembali ke tangan gw ga bisa yah. Ajarin dong :D

Rudy Butarbutar said...

kalo mau menggunakan wifi di ubuntu gimana ya....
lagi nyari2 nih...
klo ada info kasih taw gw di rudyjuandi@gmail.cim yah!
salam kenal!