Tuesday, November 06, 2007

HSDPA I'm coming...

HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) merupakan teknologi lanjutan dari 3G yang memungkinkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Dengan HSDPA, kecepatan transfer untuk downlink bisa mencapai 3.6 Mbps, sementara untuk uplinknya sekitar 384 Kbps. Lumayan beda jauh jika dibandingkan dengan 3G yang kecepatan transfer untuk downlink dan uplink nya masing-masing 384 kbps dan 64 kbps.

Setelah beberapa waktu lalu memastikan bahwa rumahku telah ter-cover jaringan HSDPA (pake HP HSDPA, dan itupun minjem :P), akhirnya kemaren aku meminjam (lagi, dan dari orang yang sama pula lagi) USB Modem Huawei E220 yang memang dijual sepaket dengan paket penjualan Telkomsel Flash. Setelah mencoba USB Modemnya, sepertinya jaringan HSDPA di rumahku belum stabil. Sinyalnya nggak sekuat 3G. Tapi cukuplah untuk sekedar mencoba.



Seperti biasa, yang pertama kali dicoba adalah tentu saja speed transfernya. Pengujian kecepatan transfernya menggunakan speedtest. Hasil yang didapatkan ternyata tidak terlalu buruk. Inilah hasil pengujian kecepatannya dengan menggunakan beberapa server:





Pagi ini, setiba di kantor, aku coba tes lagi menggunakan USB Modem. Ternyata perbedaan kecepatannya lumayan juga. Agak-agak aneh juga ketika menguji dengan server di Tokyo. Perbedaan kecepatan downlink dan uplinknya jauh banget. Ini hasil pengujian selengkapnya dari kantor:





Dengan melihat perbedaan hasil pengujian antara di kantor dan di rumah, sepertinya memang jaringan HSDPA di rumah belum terlalu bagus. Tapi paling nggak kecepatan transfernya lumayan lah jika dibandingkan dengan 3G. Hmm... Sayangnya USB Modemnya cuma pinjem. Hari ini mesti dibalikin lagi. Jadi pengen beli.. :(, tapi sepertinya nggak worth. Jadi penasaran ama Nokia 6120 classic niy...

0 comments: