Saturday, October 20, 2007

Ubuntu 7.10.. bagus.. tapi...

Seneng juga akhirnya bisa mengunduh dan meng-install Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) yang baru release tanggal 18 kemarin. Walaupun cuma bisa dapet yang versi CD nya, karena versi isi DVD nya entah kenapa aksesnya lambat banget ketika mau diunduh. Akhirnya ya... terima sajalah versi CD nya.

Kesan pertama sih sepertinya nggak beda jauh-jauh amat sama versi yang sebelumnya. Cuma sepertinya lebih reliable dan lebih bagus. So far belum sempet mencoba macem-macem karena memang baru sempet install. Yang kelihatan jelas pertama kali adalah adanya dua applet baru di panel bagian atas. Kedua applet tersebut adalah fast user switching applet dan deskbar applet.


Fast user switching memungkinkan session antar user yang berbeda. Kalo pengguna komputernya cuma satu sih nggak ngefek sepertinya.

Sementara deskbar applet memungkinkan akses cepat ke suatu kata kunci yang diberikan. Bisa berupa menjalankan aplikasi sesuai dengan kata kunci yang dicari, mencari kata kunci tersebut di internet menggunakan berbagai macam search engine, menampilkan file atau folder yang sesuai dengan pencarian, dan lain sebagainya.


Hmm.. walaupun lumayan bagus, penggunaan memorynya pun cukup boros. Jika diurutkan berdasarkan penggunaan memory, masih dibawah firefox lah :P..


Fitur-fitur baru Ubuntu 7.10 secara lengkap dapat dilihat di http://www.ubuntu.com/getubuntu/releasenotes/710tour

Yang bikin sebel adalah akses ke repositorynya yang lambatnya minta ampun. Padahal cuma mau update repository nya dengan perintah apt-get update aja lamanya minta ampun. Terakhir, mencoba dari kambing juga sama aja, walaupun agak mendingan sih. Seharian belum kelar. Mungkin karena baru rilis, jadinya banyak yang akses. Aaargh... updatenya aja nggak kelar-kelar apalagi install package nya :((

4 comments:

fajran said...

ke nl.archive.ubuntu.com sih cepet Ko :P

Eko Budi Prasetyo said...

Thanks... udah kucoba. Secara speed sih lebih lambat, cuma lebih stabil. Nggak seperti dari kambing yang speednya cepet tapi nggak berapa lama nggak ada progress.

jpmrblood said...

Http Kambing emang gak bisa dipake buat download file2 gede. Kalo mo donlot, pake ftp.

Eko Budi Prasetyo said...

Duh, jangankan download, ini update package listnya pake sudo apt-get update aja lambat banget. Maklum juga sih baru rilis, pasti banyak yang nyedot kesitu juga