Saturday, October 13, 2007

Perjalanan panjang menuju kampung halaman

Lebaran kali ini aku nggak pulang kampung bareng keluarga. Keluargaku sudah pulang duluan tanggal 9 kemarin. Secara aku belum dapet jatah cuti, jadi cuma bisa mengambil cuti bersama selama 3 hari, yang nantinya akan mengurangi jatah cutiku tahun depan. Hiks.. padahal harusnya libur nih.. :((

Sayangnya aku nggak kebagian tiket pulang dari Jakarta. Sempet sedih juga waktu itu. Beruntung aku masih bisa kebagian tiket dari Bandung bareng temen-temen kantor yang memang tujuannya searah denganku. Tiket kereta yang aku dapatkan adalah Argo Wilis yang berangkat dari Bandung tanggal 12 Oktober jam 7 pagi. Yah, beruntung lah, daripada nggak bisa pulang sama sekali. Apalagi ini tiketnya bukan harga calo :p

Aku dan temen-temen kantor berangkat jam 5 sore pada hari kamis. Kebetulan ada yang bawa mobil, jadi bisa lebih nyaman lah. Jalur yang diambil adalah jalur yang melewati Jonggol, dengan asumsi lewat Cipularang akan macet. Ternyata jalur Cipularang pada saat itu lancar-lancar saja. Doh.. Jadi nyesel lewat Jonggol. Selain jalanannya kecil dan tidak rata, di beberapa ruas jalan kena macet pula. Alhasil baru sampai di Bandung jam 9 malam.

Malamnya aku menginap di mesjid STT Telkom. Lumayan nyaman dan gratisan. Maklum, aku nggak ngerti daerah Bandung. Terakhir kali aku pergi ke Bandung adalah ketika aku SMA dulu. Tadinya siy mau nginep di Lab nya, sekalian liat-liat. Cuma berhubung Labnya dikunci karena memang sudah mau lebaran, ya nginep di mesjid deh.

Waktu perjalanan di kereta keesokan harinya kebanyakan kugunakan untuk tidur. Ngantuk dan capek banget soalnya. Itung-itung investasi waktu lah. Walaupun tujuan akhir dari kereta yang kunaiki adalah Surabaya, namun kebanyakan penumpangnya turun di Jogja dan Solo. Pantes aja masih bisa kebagian tiket. Berbeda dengan kereta dari Jakarta yang biasanya kebanyakan penumpangnya turun di stasiun tujuan akhir.

Akhirnya aku sampai di stasiun tujuanku, yaitu Jombang kira-kira jam 6 sore. Beruntung di kereta dapet jatah makanan untuk berbuka. Nggak perlu repot-repot nyari makanan buat berbuka. Selanjutnya untuk menuju kota kampung halamanku, aku harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus. Jarak dari kota Jombang ke Tulungagung kira-kira 60 km yang ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam. Beruntung jalur bus yang menuju kotaku melewati stasiun Jombang. Fiuh.. Capek banget. Yang jelas aku sampai di rumah nenekku jam setengah 9 malam. Walaupun capek, aku senang karena aku bisa pulang kampung, kembali ke tempat dimana aku dulu dilahirkan.

1 comments:

ArnoldGanteng said...

Uuhh enaknya mudik..
pengen T_T