Monday, October 08, 2007

Pentingnya md5sum

md5sum, menurut Wikipedia merupakan program komputer yang berfungsi untuk mengkalkukasi dan memverifikasi MD5 hash dari suatu file. MD5 hash itu sendiri berfungsi sebagai fingerprint dari sebuah file. Untuk sebagian orang, mungkin kalkulasi MD5 hash dari sebuah file dirasa kurang penting. Ketika melakukan pengunduhan suatu file dari internet, biasanya jarang sekali orang yang melakukan kalkulasi MD5 hash pada file tersebut dan menyamakannya dengan kalkukasi MD5 hash file aslinya. Padahal MD5 hash tersebut berguna untuk memverifikasi apakah suatu file yang diunduh isinya benar-benar sama dengan file yang sebenarnya, yang berada di server. Ketika dilakukan pengunduhan, banyak sekali faktor yang menyebabkan paket-paket file yang diunduh tersebut menjadi corrupt.

Hari jumat kemarin, iseng-iseng aku mencoba untuk mengunduh dan menginstall Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon versi Beta. Berhubung keinginan itu muncul ketika hari sudah sore, dalam artian mendekati jam pulang kantor, aku paksakan mengunduh file iso Ubuntu tersebut menggunakan download manager dengan jumlah thread lebih dari satu. Biasanya sih nggak masalah, cuma karena mengunduhnya dari komputer kantor yang memang dipasangi anti virus dan aplikasi-aplikasi monitoring lainnya, secara otomatis aplikasi-aplikasi tersebut akan aktif ketika aku mengunduh suatu file dengan kecepatan yang diatas normal :P.

Biasanya sih aku selalu membatasi kecepatan downloadnya jika menggunakan download manager. Karena aku tahu biasanya filenya corrupt jika kecepatannya tidak aku batasi, yang disebabkan karena aplikasi semacam anti virus dan aplikasi monitoring tadi. Namun yah.. karena namanya juga sudah sore, jadinya ya begitu deh. Setelah pengunduhan selesai, bukannya mengecek MD5 hashnya (karena males lagi nyari aplikasi md5sum nya), aku buka langsung saja file iso tersebut menggunakan IZarc. Karena bisa dibuka, aku asumsikan file tersebut nggak bermasalah.

Ketika di rumah, aku melewatkan lagi proses kalkukasi MD5 hashnya. Duh.. padahal tinggal menjalankan aplikasinya saja dan memilih file yang akan dikalkulasi. Dengan asumsi filenya tidak rusak, langsung saja aku burn file iso tersebut ke CD. Proses burning pun berjalan mulus tanpa halangan.

Nah.. ketika dilakukan booting dari CD dan memulai proses instalasi, mulai deh nampak error dimana-mana. Kupikir proses burningnya yang bermasalah, setelah melakukan pengecekan CD melalui boot menu nya, ternyata memang ada 81 file yang corrupt. Hiks.. Akhirnya karena kecurigaanku tertuju pada file iso yang sudah aku unduh, aku lakukan kalkulasi MD5 hash pada file tersebut. Dan ternyata hasilnya berbeda dari file aslinya. Duh.. apes deh. Niat untuk mencoba Ubuntu 7.10 beta di akhir minggu pun gagal karena kesalahan sendiri

4 comments:

Ahmad said...

jadi ini yang bikin lu mo nangis yak? :D =)

Eko Budi Prasetyo said...

Nggak lah.. masa cuma gara-gara beginian aja jadi pengen nangis..

Tinggal download lagi kan masalahnya beres :P

Prasetyo Nestor said...

halo mas eko, aku juga ngalami hal yang sama ternyata memang md5sum itu penting banget. apa lagi saat downloadnya udah berhari2.. emang ngak bikin nangis seeh, cumankan 4 GB gitu looOOOhh..
yang sebel nunggunya dooong...


--salam ---

Nestor Prasetyo

Eko Budi Prasetyo said...

Salam kenal juga. Untungnya sih disini nggak sampe berhari-hari. Cuma berhubung downloadnya di kantor dan mau dipake di rumah, jadinya nyesek aja karena mesti nunggu besoknya lagi untuk di download ulang. Hehehe