Sunday, September 30, 2007

Layanan 3G Telkomsel di Ciamis

Weekend ini aku pulang kampung ke Ciamis. Berhubung Lebaran ini aku nggak pulang, jadinya aku sempatkan untuk pulang menjenguk kakek nenekku di Ciamis ini.

Ketika sampai di Ciamis, aku sempet kaget karena di layar handphoneku muncul indikator jaringan 3G. "Nggak salah nih?" pikirku. Sejauh yang aku tahu, jaringan 3G Telkomsel sampai saat ini baru di launch di kota-kota besar saja. Paling nggak di ibukota propinsi atau kota-kota besar yang strategis lainnya seperti Bogor dan Malang. Nggak pernah terbayang sebelumnya jika jaringan 3G akan ada di kota kecil seperti Ciamis.

Kata temanku yang disini, jaringan 3G nya memang baru beberapa hari ini ada. Dan ketika ditanyakan ke Call Center nya memang belum ada informasi mengenai keberadaan jaringan 3G di Ciamis. Entah memang belum di-update atau memang baru sebatas uji coba saja atau bisa jadi karena Ciamis memang berada di jalur mudik.

Dari sudut pandangku, layanan 3G tidak hanya berhubungan dengan layanan video call saja. Bagiku 3G berarti kemampuan transfer data yang lebih cepat dibandingkan layanan 2G. 3G juga berarti aku bisa menggunakan Telkomsel Flash :P. Setelah aku coba menggunakan Telkomsel Flash di Ciamis, kecepatan yang aku dapatkan ternyata 'lumayan' lah mengingat Ciamis adalah kota kecil. Jika dibandingkan dengan kota Jakarta sih jelas saja kalah jauh. Kecepatan transfer yang aku dapatkan untuk download dan upload ke server lokal Jakarta adalah 193 kbps untuk download dan 48 kbps untuk upload. Lumayan lah, untuk download kecepatan yang aku dapatkan adalah setengah dari kecepatan yang aku dapatkan jika melakukan benchmark dari Jakarta. Sementara itu untuk upload, memang kisarannya tak akan jauh-jauh dari 50 - 60 kbps. Karena untuk 3G secara teoritis kecepatan upload maksimumnya adalah 64 kbps.



Semoga saja implementasi 3G di Ciamis ini bukan cuma sekedar uji coba saja. Tapi berlaku hingga seterusnya. ;)

4 comments:

mahli said...

masalah kocek bagaimana, bapak Eko? :)

Muhammad Rayhan said...

di ciamis masih aja nge-flash :p
memang pelanggan setia lu :D

azees said...

apa kabar pak eko..

btw bener neeh pake telkomselflash bagus? sy mo coba, btw tagihannya bisa membengkak ga? soale klo tagihan jadi membengkak kan repot

http://is-dev.com

Eko Budi Prasetyo said...

@Pak Azees
Baik2 aja Pak. Sekarang Bapak dimana nih? Masih di STAR kah?

Btw, buat telkomsel flash sih kan ada paket2nya Mas. Untuk yang time based paling murah 200 ribu 40 jam sebulan.

Kalo mau yang volume based juga ada sih. Yang paling murah 125 ribu sbulan, 500 MB.

Kalo cuma bwt browsing-browsing aja, mending paket unlimited. Yang paling murah 125 ribu juga sebulan. Tapi speednya di-limit 256 kbps, dan lewat 3 GB, speed nya di shape jadi 64 kbps.

Info lengkapnya lihat disini aja Pak.