Thursday, August 02, 2007

shMessenger

Beberapa waktu yang lalu, aku mencoba shMessenger, yaitu aplikasi messenger khusus untuk Yahoo yang dapat dijalankan di handset. Karena berbasis Java, seharusnya sih bisa dijalankan di tipe handset apa saja, yang tentunya telah mendukung teknologi Java. Aplikasi ini free, paling yang nggak free ya bearer cost nya, sesuai dengan operator yang digunakan. Menurutku, shMessenger ini lumayan user friendly, jika dibandingkan dengan Yahoo Messenger versi mobile yang menggunakan platform Symbian. Aplikasi shMessenger ini dapat diunduh di:

http://www.shmessenger.ro/?page=download

Selanjutnya, setelah aplikasi diunduh dan diinstall di handset, perlu dilakukan registrasi melalui alamat berikut:

http://www.shmessenger.ro/?page=register

Setelah proses registrasi selesai dilakukan, aplikasi ini siap untuk digunakan. Jalankan aplikasi ini dan masukkan username dan password sesuai dengan informasi pada saat melakukan registrasi, serta Y!ID beserta passwordnya.



Beberapa fitur shMessenger ini antara lain:

1. Mendukung themes, walaupun sepertinya sih theme yang tersedia masih belum terlalu banyak.




2. Notifikasi jika ada pengguna lain yang online atau offline. Notifikasi ini dalam bentuk pop up, seperti pada Yahoo Messenger.

3. Ada settingan untuk suara (jika ada pesan masuk, pengguna lain online atau offline), getar dan lampu berkedip (jika ada pesan yang masuk).

4. Fitur spy, yang dapat digunakan untuk memeriksa apakah seorang pengguna yang 'tampak' offline memang benar-benar offline atau sedang invisible.



5. Fitur untuk mengirimkan file, atau bahkan dapat mengirimkan gambar yang dicapture melalui kamera pada handset. Untuk fitur ini, belum kucoba.

6. Dan sisanya menurutku adalah fitur-fitur standar seperti Set Status, Add / Remove Contact, dan mengirimkan IM ke group.

8 comments:

MoMo said...

Yang nomor lima itu tampak tidak sopan.. Heheheheheh ^^

Eko Budi Prasetyo said...

Tergantung Mo.. apa dulu nih yang di capture :P

MoMo said...

eh salah ko.. maksud gw yang spy itu.. hihihihi :P

Eko Budi Prasetyo said...

Hmm.. kan lumayan tuh Mo.. nyari orang-orang yg lagi ngumpet.. hihihihi

dini said...

Sekarang fasilitas spy udah gak bisa dilakukan ya? :p

Anonymous said...

saya baru install shmes.
waktu register, saya create account melalui pc karena ada permintaan tentang code yang harus di-input dan itu tidak terlihat di handset.
setelah sign in shmes, giliran sign ini di Y! kenapa tidak bisa masuk ya? sampai ada warning 'Signing Timed Out', pdhl username dan password Y! sudah benar. Apakah ada mslh di Y! atau krn saya register melalui pc?

Eko Budi Prasetyo said...

Hmm.. kalo sampe timeout ketika signin, mungkin masalahnya ada di koneksi GPRS. Coba dicek lagi settingan GPRS di handset nya.

Anonymous said...

mo nanya nih..
kok mo registari ga bisa ya?

semua datanya uda lengkap tp sekali submit pasti katanya "the page cannot be displayed"..
ada solusi?