Thursday, July 05, 2007

Mencoba untuk tidur 8 jam sehari :P

Beberapa hari ini aku mencoba untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Maunya sih supaya bisa tidur 7-8 jam sehari. Mungkin tidur 7-8 jam sehari bisa dibilang kebanyakan. Tetapi menurutku nggak juga. Ada pula yang bilang tidur itu yang penting adalah kualitasnya, bukan kuantitasnya. Dan kurasa memang ada benarnya. Tetapi sejauh yang aku rasakan, kualitas tidurku sepertinya baik-baik aja tuh. Setiap hari bisa tidur nyenyak. Namun jika memaksakan cuma tidur 5 atau cuma 6 jam sehari walaupun bisa nyenyak, rasanya keesokan harinya aku merasa nggak fresh.

Masalah kurang fresh ini pun berlanjut. Nggak hanya badan yang capek. Tetapi pikiran juga terpengaruh. Sering sekali emosiku menjadi tidak stabil jika malam sebelumnya aku kurang tidur. Aku menjadi mudah cemas, kurang bisa berpikir dengan jernih, dan terkadang sering menjadi pesimis pada hari itu. Entahlah, apakah ini hanya terjadi padaku atau ada orang lain yang mengalaminya juga. Anehnya, kebiasaan tidur larut malam ini mempunyai efek adiktif. Jika sudah terbiasa tidur larut malam, sulit sekali untuk mengubah pola tidur ini menjadi tidur lebih awal. Seolah malah mencari justifikasi bahwa tidur lebih larut artinya aku dapat memanfaatkan waktu lebih banyak untuk mengerjakan hal-hal yang lain.

Ada juga temanku yang mengatakan tidak ada masalah untuk tidur larut malam dan seolah jika tidur terlalu awal dia merasa kurang efektif dalam memanfaatkan waktu. Seringkali aku juga berpikir demikian. Namun, sepertinya dari jatah waktu yang aku miliki dalam sehari, rasanya masih banyak waktu-waktu yang aku gunakan untuk hal-hal yang kurang penting. Kurasa daripada mengurangi jatah waktu untuk tidur untuk mengerjakan sesuatu hal yang lain, lebih baik memaksimalkan efektifitas penggunaan waktu di saat-saat yang lain. Hhh... walaupun ini bukan sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan.

Paling tidak, beberapa hari ini pikiranku terasa lebih jernih dan lebih segar. Selain itu, aku merasa bisa lebih tenang dan lebih menikmati hidup ini, berpikir lebih positif, dan mencoba mengabaikan hal-hal yang dapat merusak emosiku pada hari itu yang selanjutnya akan membuatku merasa lebih senang dan bahagia. Ahh... Kebahagiaan memang dapat diciptakan, dan tentu saja itu adalah pilihan :D

2 comments:

tiwi said...

"Kebahagiaan memang dapat diciptakan, dan tentu saja itu adalah pilihan"
Bener bgt..dan dg tidur sedikit, gw jg bahagia :D. Kalo tidur awal, ntar waktu utk YM-an n Skype-an berkurang dong :P *halah*

feha said...

wah klo gw kebalikan....
gw biasa tidur cukup.....klo gak cukup tidurnya besoknya bisa ngaco se-ngaco2nya