Monday, July 16, 2007

Belajar Ikhlas

Beberapa hari ini aku mengalami beberapa hal yang kurang menyenangkan. Wajar lah, yang namanya hidup kan nggak selamanya menyenangkan. Belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, yang biasanya aku menyikapinya dengan tindakan-tindakan yang reaktif, kini aku mencoba untuk bersabar. Sebelum aku sempat untuk bertindak secara reaktif (yang biasanya terjadi tanpa aku sadari), aku berpikir dalam-dalam untuk sejenak. Memikirkan reaksi paling baik yang dapat aku lakukan tanpa terpengaruh dengan perasaan yang sedang kurasakan.

Aku mencoba ikhlas menerima keadaan, dan berusaha untuk memperbaiki diri. Hasilnya ternyata cukup menyenangkan. Semua perasaan negatif yang kuraskan menghilang. Dan sebagai gantinya, aku merasakan suatu rasa senang yang meluap-luap. Seolah aku baru saja melepaskan sebuah beban yang berat. Memang tidak mudah untuk menerima dan melupakan hal-hal yang kurang menyenangkan. Tetapi tidak mudah bukan berarti tidak bisa. Semuanya kembali ke diri masing-masing. Apakah ada keinginan yang kuat untuk melakukan hal-hal yang sulit tersebut atau tidak.

Hmm.. Pelajaran yang kudapat kali ini adalah berpikir dan merenungkan semuanya terlebih dahulu sebelum aku menyikapi suatu hal. Serta sikap ikhlas dalam menerima semua hal yang terjadi. Tak peduli itu menyenangkan atau tidak.

2 comments:

Amz said...

Ada masalah?

Eko Budi Prasetyo said...

Nggak kok... biasa lah. Yang namanya hidup kan nggak selamanya menyenangkan :D