Friday, June 15, 2007

User, Developer, dan Notulis

Setelah bersantai-santai dalam beberapa minggu terakhir, akhirnya minggu ini bisa sibuk juga. Empat hari terakhir ini aku kerja lembur. Rata-rata pulang dari kantor jam 9 malam. Sampai di rumah sekitar jam setengah 11. Capek juga sih, namun aku merasa puas. Akhirnya aku bisa produktif juga dalam urusan pekerjaan, walaupun beberapa rutinitasku terganggu karena pulang larut malam setiap hari.

Diawali dari hari Senin. Saat itu aku kebagian kerjaan sebagai "User", melakukan UAT bersama bagian IT dan vendor yang telah aku sebutkan dalam postinganku sebelumnya. Menjadi "User" memang harus jeli pada setiap celah yang mungkin ada. Jika memang terjadi sesuatu yang salah pada sistem, mau nggak mau mesti menunggu vendor menambal celah tersebut. Untungnya di UAT yang kemarin hal-hal yang seperti itu tidak terjadi. Malahan yang terjadi kesalahan banyak terjadi dari internal perusahaan. Maklum, setahuku ini UAT nya juga mendadak, jadi kurang persiapan. Seharusnya bisa pulang cepat, akhirnya malah mesti lembur hingga jam 10 malam.

Hari Selasa dan Rabu, aku menjadi "Developer" atau disini bisa lah disebut sebagai "Programmer". Berhubung kebagian pekerjaan yang memang sudah aku nanti-nantikan, ya nggak apa-apa lah lembur. Maksudnya biar kerjaan cepet beres. Aku berharap minggu depan jam kerjaku bisa normal lagi. Dalam kasus ini, aku bisa dibilang menjadi vendor untuk Departemen Content yang berada satu divisi denganku. Dari sisi "Vendor" ini, aku harus bisa membuat sistem yang sempurna (kalo nggak bisa ya paling nggak mendekati lah) yang sesuai dengan permintaan mereka.

Sistem yang aku kembangkan berurusan dengan salah satu perusahaan di luar sana yang berurusan dengan "email dan mesin pencari". Yang perlu aku lakukan hanya membaca data, membuat file XML dan mengirimkannya ke mereka. Aktivitas ini akan dilakukan rutin setiap hari. Menurutku cukup simple dan seharusnya dalam waktu kurang dari satu minggu bisa beres. Tetapi kenyataannya tak seperti itu. Beberapa hari ini koneksi ke server yang biasa aku pakai mengalami masalah. Anehnya ini cuma terjadi di divisiku. Sepertinya router untuk akses ke server di lantaiku mengalami masalah. Sehingga terkadang untuk melakukan upload atau download file dari server internal saja lama sekali. Tentunya hal ini mempengaruhi kecepatanku dalam menyelesaikan pekerjaan ini.

Hari Kamis, terpaksa aku harus menghentikan pekerjaanku untuk sementara waktu karena ada acara workshop dari pagi hingga sore. Workshop ini membahas perencanaan-perencanaan yang akan dilakukan divisiku pada kuartal ke-3 dan ke-4 tahun ini sekaligus mengevaluasi apa-apa yang telah dilakukan pada dua kuartal sebelumnya. Pada workshop itu aku menjadi notulis yang bertugas mencatat semua hal yang disiskusikan. Sejauh ini sih, aku belum pernah mendapat kerjaan yang 'resmi' seperti ini. Lumayan juga buat nambah-nambah pengalaman sekaligus melatih indera pendengaranku. Karena sejauh ini, aku tipe orang visual yang lebih mengandalkan penglihatan dibanding pendengaran.

Setelah workshop, akhirnya aku bisa melanjutkan kembali kerjaanku sebagai "Developer". Setelah memaksakan untuk lembur di hari itu dan sempat frustasi akibat ulah PHP yang aneh, akhirnya selesai juga pekerjaanku. Walaupun hanya untuk tahap awal, aku merasa senang karena semuanya sudah beres.


Minggu ini benar-benar aneh. Aku telah mengerjakan tiga hal yang menurutku cukup berarti dan ketiga-tiganya sangat berlainan. Walaupun demikian, aku sangat puas. Karena seminggu ini aku cukup produktif. Tidak seperti minggu-minggu sebelumnya. Apalagi ketiga hal ini tentunya menambah pengalaman dan pelajaran untuk memandang sesuatu dari sudut pandang lain. Kurasa inilah cara untuk mengaktualisasikan diri: mengerjakan apa saja yang bisa aku kerjakan untuk membuat segalanya menjadi lebih baik. Tak masalah apakah pekerjaan itu aku suka atau tidak, selama bisa aku kerjakan dan bisa kubuat lebih baik, mengapa tidak???

0 comments: