Monday, June 11, 2007

UAT bersama NSN

Tanpa diduga siang hari ini aku disuruh untuk UAT di lantai 11, tempat dimana orang-orang IT dan vendor berada :P. Rada-rada males juga, soalnya lagi ada kerjaan yang mesti cepet-cepet diberesin. Terlebih lagi, pengalamanku dengan UAT agak-agak kurang bagus. Terakhir kali UAT, pulangnya jam 10 malam, mana itu juga belum selesai lagi. Walaupun berada di posisi user, tetep aja males juga kalo sampe jam segitu.

UAT kali ini dilakukan bersama dengan bagian IT Business System Development (IT BSD) sebagai bagian yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem yang akan diuji. Sementara vendor yang mengerjakan sistem yang akan diuji adalah Nokia Siemens Network (NSN). Ternyata orang NSN yang dateng adalah kakak kelasku sendiri, Parlin 97. Yah, itung-itung jadi kenal lah. Dulu sewaktu kuliah, aku nggak terlalu kenal sama orangnya.

Pada awalnya, UAT berjalan dengan sukses. Skenario yang dibuat harus dapat dijalankan untuk kartu HALO, Simpati, dan Kartu As. Untuk Simpati dan Kartu As, semua skenario dapat berjalan dengan baik. Namun, ternyata untuk kartu HALO tidak demikian. Beberapa skenario mengalami masalah dan ujung-ujungnya UATnya molor sampe malem. Duh, padahal harusnya sebelum jam 6 sore udah bisa kelar. Masalahnya ternyata sederhana. Ada beberapa kesalahan konfigurasi dan environment yang digunakan untuk UAT ini ternyata digunakan juga oleh bagian lain, yang mungkin sedang dalam tahap development atau bahkan sedang UAT.

Akhirnya UAT diakhiri jam 10 malam, walaupun sebenarnya belum selesai. UAT akan dilanjutkan besok pagi. Untungnya skenario yang belum diuji tinggal sedikit. Semoga saja besok sebelum makan siang semuanya sudah beres. Masih banyak kerjaan yang mesti diberesin. Mana kerjaannya nggak bisa selesai dalam waktu satu atau dua hari lagi. Sepertinya minggu ini bakalan lembur tiap hari. Rencanaku untuk minggu ini jadi berantakan deh. Hhh.. Ya Allah, berilah aku kesabaran untuk menghadapi semua ini. Semoga aja weekend ini aku nggak sakit gara-gara kecapekan.

Walaupun baru sampe rumah jam setengah 12 malem, puas juga rasanya. Beban untuk UAT sudah berkurang lumayan banyak. Berpikir positif aja lah. Besok insyaallah semuanya pasti beres. Terlebih lagi, paling nggak tadi bisa makan malem bareng sama temen-temen dari IT. Udah lama nggak kumpul-kumpul ama temen Induction. Puas lah walaupun cuma bisa ngobrol-ngobrol dan bersenda gurau ketika makan malem. Semuanya terasa menjadi menyenangkan dan harus disyukuri, jika kita dapat melihat dari sudut pandang yang benar. Ahh.. kebahagiaan memang bisa datang dari mana saja tanpa bisa diduga.

0 comments: