Wednesday, June 06, 2007

SOP

Seminggu terakhir ini kerjaan di kantor nggak begitu banyak. Beruntung juga keadaan ini terjadi ketika aku lagi merasa nggak terlalu sehat seperti sekarang ini. Untuk menyibukkan diri, aku mencoba untuk membuat dokumentasi dari apa-apa yang menjadi pekerjaan rutinku disini, berhubung selama ini dokumentasi dari proses bisnis yang menjadi kerjaan rutinku belum ada. Lumayan lah, daripada nyantai-nyantai malah nggak enak juga.

Dimulailah pekerjaan pembuatan dokumentasi atau SOP ini mulai minggu kemarin. Berhubung banyak step-step yang sama, ujung-ujungnya copy-paste dimana-mana. Menurutku kebiasaan copy-paste ini kurang bagus karena membuatku menjadi kurang teliti dan tidak memeriksa kembali apa-apa yang udah aku copy-paste. Terbukti beberapa kali aku harus merevisi apa-apa yang telah aku copy-paste Walaupun kurang bagus, kurasa inilah cara yang paling cepat yang bisa aku lakukan untuk menyelesaikan pekerjaan ini.

Setelah semua langkah-langkah selesai didokumentasikan, kemudian ditambahkan screenshot dari masing-masing langkah. Selanjutnya dibuat tata alir dari semua langkah-langkah tadi menggunakan Cross Functional Flowchart (CFF). Duh, jadi inget kerjaan ketika Student Project dulu. Mulai dari mewawancara narasumber, membuat langkah-langkahnya, hingga membuat CFF dari langkah-langkah tersebut. Ternyata kepake juga nih ilmu bikin SOP. Padahal dulu rasa-rasanya aku nggak bakalan nyentuh lagi yang namanya bikin SOP.

Alhamdulillah hari ini sudah beres semuanya. Tinggal menunggu review dan perbaikan dari rekan-rekan yang ada disini. Walaupun ini kerjaan nggak resmi, karena ini dari inisiatifku sendiri, semoga saja aku bisa mendapat banyak masukan untuk perbaikan-perbaikan selanjutnya.

0 comments: