Tuesday, June 19, 2007

Secure SHell FileSystem

Berhubung di Ubuntu aku tidak menemukan aplikasi yang cukup user friendly semacam WinSCP di Windows, maka terpaksa deh mencari alternatif lain yang dapat memudahkanku dalam melakukan transfer file dari local ke remote ataupun sebaliknya. Di Ubuntu setahuku package yang cukup interaktif adalah secpanel, sejenis WinSCP. Cuma tampilannya terkesan kuno dan cara pakainya juga rada-rada ribet. Masa setiap mau transfer file ditanyain dulu passwordnya. Entahlah jika aplikasi tersebut butuh konfigurasi lebih lanjut lagi.


Setelah melakukan pencarian, aku menemukan package yang bernama sshfs yang merupakan singkatan dari Secure SHell FileSystem. Aplikasi sshfs ini memungkinkan adanya sebuah file system yang beroperasi dengan file-file yang ada pada remote komputer menggunakan SSH login. Dengan kata lain, aku dapat melakukan mount folder remote kedalam folder lokal. Malah lebih praktis jadinya. Aku nggak perlu repot-repot menyalin file dari local ke remote ataupun sebaliknya. Tinggal buka filenya, edit, lalu save seperti halnya menyunting file-file yang berada di local.

Untuk melakukan instalasi package sshfs di Ubuntu, caranya sangat mudah. Aku mengikuti panduan yang aku dapat dari Ubuntu Guide. Kira-kira seperti inilah langkah-langkahnya:

Install package sshfs

sudo apt-get install sshfs
Menambahkan driver kernel untuk FUSE yang memungkinkan pengguna Linux untuk membuat file system sendiri tanpa harus menulis kode kernel.

sudo modprobe fuse

Menambahkan username ke dalam group fuse, dalam kasus ini username yang aku gunakan adalah amphie

sudo adduser amphie fuse

Melakukan logout dan login ulang agar perubahan dapat terjadi

Mengubah kepemilikan /dev/fuse menjadi milik group fuse

sudo chgrp fuse /dev/fuse

Membuat mountpoint (lokasi mount remote folder di local folder), dalam kasus ini aku membuat mountpoint di folder remote208 di folder /home/amphie

mkdir ~/remote208

Dan yang terakhir adalah melakukan mount remote folder ke mountpoint (remote208). Pada contoh dibawah ini, aku melakukan mount remote folder /home/ekopre yang berada pada 10.1.89.208 ke dalam /home/amphie/remote208 yang berada di local.

sudo sshfs 10.1.89.208:/home/ekopre ~/remote208 -o allow_other

Untuk melakukan proses unmount, perintahnya adalah:

fusermount -u ~/remote208

Sejauh ini, aplikasi sshfs ini aku gunakan untuk menyunting file-file PHP yang berada di remote. Lumayan juga, jadi lebih praktis dan lebih menghemat waktu. Tetapi anehnya Ubuntu punyaku seringkali nge hang ketika file-file remote yang aku sunting menggunakan editor Screem ataupun BlueFish. Ketika aku menggunakan Komodo Edit, semuanya berjalan dengan normal. Nggak tahu deh apakah ini adalah bug atau memang ada konflik di package-pakcage yang sudah kuinstall di Ubuntu punyaku.

0 comments: