Thursday, June 21, 2007

Sebuah perenungan...

"Apa yang ada di belakang kita dan apa yang ada di depan kita merupakan hal kecil dibanding dengan apa yang ada di dalam kita."

Oliver Wendell Holmes


Well, yang aku tangkap dari quote tersebut adalah bahwa semua hal yang berada di luar jangkauan kita seharusnya tidak terlalu perlu untuk kita pikirkan. Masih banyak hal-hal yang sebenarnya bisa kita lakukan yang memang masih berada di dalam kendali diri kita sendiri.

Sebagai contohnya adalah misalnya ketika kita ditimpa suatu musibah atau mungkin berada dalam keadaan yang tidak menyenangkan. Daripada terus menggerutu dan mengeluh dengan keadaan yang terjadi, aku rasa lebih baik jika kita mencoba mengambil hikmahnya dan mencari jalan keluarnya. Semua hal buruk yang telah terjadi biarkanlah seperti adanya. Toh, semuanya sudah terjadi. Lebih baik berpikir saat ini. Apa yang bisa dilakukan saat ini yang dapat memperbaiki keadaan kita? Apa pula yang harus kita kerjakan agar musibah yang telah terjadi tidak terjadi lagi di masa yang akan datang?

Aku rasa untuk memiliki pola pikir yang seperti ini tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa. Mengeluh pada keadaan bukanlah suatu solusi, karena itu diluar kendali kita. Tetapi kita bisa memilih respon yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Apakah kita akan terus menyalahkan keadaan? Atau apakah kita akan melupakan kejadian ini dan bangkit untuk memperbaiki diri dan berfokus pada hal-hal yang memang bisa kita lakukan untuk membuat semuanya menjadi lebih baik?

~semakinNggakJelasAjaNih....

3 comments:

Ulya Raniarti said...

bener, kadang pikiran itu memakan banyak sekali energi kita, padahal kenyataannya g se parno(menakutkan) apa yang dipikiran kita, terutama untuk orang-orang analyzer. Ada ga ya, training manajemen pikiran? salah satunya mgkn terbantukan dengan ibadah yang kita lakukan

Eko Budi Prasetyo said...

Hmm... training ESQ bs masuk ke kategori training manajemen pikiran nggak ya?

* menunggu dapet jatah *

Irpan said...

Wah ada jatah training ESQ ya, mau dong :), lumayan kan kalo ikut sendiri biayanya gede juga :)