Friday, June 08, 2007

IT Audit

Saat ini bagian IT perusahaanku sedang diaudit. Aku sendiri nggak tahu tepatnya, apa saja yang sudah dilakukan dalam proses audit ini. Yang jelas, beberapa minggu terakhir ini aku tidak bisa mengakses server-server tertentu. Dan sepertinya apa yang aku alami juga dirasakan departemen-departemen lain. Menurut aturan, memang seharusnya server-server tersebut tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Namun, kalau tidak salah, karena keterbatasan sumber daya, dan untuk mempercepat proses bisnis, yang dapat mengakses server-server tersebut tidak hanya dari bagian IT Operation saja. Resminya sih setiap permintaan untuk mengakses data-data dari server tersebut harus melalui nota dinas yang notabene memerlukan waktu agar diproses lebih lanjut. Sementara jika memiliki akses langsung, tak perlu membuat nota dinas. Masalah bisa beres saat itu juga.

Namun, sepertinya semua ini menjadi masalah juga karena batasan pihak-pihak yang dapat mengakses server-server tersebut menjadi tidak jelas. Jika terjadi sesuatu pada server-server tersebut, yang pertama disalahkan pasti bagian IT Operation. Tetapi ada juga yang lucu dari penutupan akses pada server-server ini. Beberapa orang yang aku ketahui secara rutin mengakses server itu dan sekarang udah nggak bisa mengakses server itu, menjadi lepas tangan pada masalah-masalah yang terjadi. Dengan alasan sudah tidak memiliki akses pada server yang dimaksud. Istilahnya, kerjaan jadi berkurang. Sementara disisi lain, kerjaan bagian IT Operation menjadi menumpuk. Kasian juga tuh temen-temenku yang di bagian IT Operation. Yang biasanya nggak sibuk jadi sibuk. Di departemenku sendiri, beberapa orang merasa pekerjaannya menjadi berkurang. Termasuk aku sendiri :P

Sekarang tinggal menunggu kapan divisiku bakalan diaudit. Lagipula sepertinya divisiku adem ayem aja nih. Nggak ada persiapan-persiapan yang menurutku lumayan signifikan untuk menghadapi proses audit ini. Semoga saja nantinya tidak terjadi hal-hal yang diluar dugaan.

3 comments:

Yenni said...

wah,,,,yang ngaudit Bapak2 yang abis training kemaren bukan yah....:P

fajran said...

siap2 lu ko! hahahah :D

Eko Budi Prasetyo said...

hehe... semoga aja proxy-proxy rahasia kagak kena blok :P