Friday, June 08, 2007

Hikmah dibalik error pada YM

Siang kemarin, mendadak Yahoo Messenger yang biasa aku gunakan mendadak error. Tiba-tiba YM ku menjadi sangat lambat dan tampak mau nge-hang. Yang paling aneh adalah akhirnya bisa login, tetapi list contact nya kosong. Tidak ada satupun contact atau group yang ditampilkan disitu, baik yang online maupun yang offline. Semula aku pikir masalahnya berasal dari proxy yang kugunakan. Ternyata akses ke situs-situs lain melalui browser tidak ada masalah. Download file-file berukurn besar juga tidak ada masalah.

Aku curiga jangan-jangan gara-gara ada proses audit di IT, akses untuk YM dibatasi. Ah semoga saja tidak. Selanjutnya aku mencoba login menggunakan SOCKS proxy yang biasa aku gunakan untuk mengakses FTP keluar. Ternyata sama saja. Bahkan sekarang SOCKS proxy yang biasa aku gunakan tersebut tidak bisa dipakai untuk mengakses situs-situs luar.

Masalah berlanjut hingga sore hari. Saat itu kebetulan aku melihat rekan kerjaku yang sama-sama menggunakan YM, namun tidak mengalami masalah sepertiku. Setelah aku tanyakan, ternyata dia menggunakan proxy yang sama namun menggunakan port yang berbeda. Duh.. ini padahal proxy resmi, tapi kok bisa bisa-bisanya dibuka akses untuk port lain juga. Karena penasaran, aku mencoba melakukan scan port pada beberapa IP yang alamatnya berdekatan dengan proxy resmi tadi. Dan yang aku dapat sungguh mengejutkan, hampir semua alamat IP yang aku scan dapat dijadikan proxy, baik itu HTTP proxy maupun SOCKS proxy. Aih... ini sih jauh lebih parah dibandingkan dengan keadaan di kampusku. Entahlah, apakah sebenarnya proxy-proxy tersebut legal atau tidak. Atau mungkin untuk keperluan development, aku juga tidak tahu. Seandainya semua proxy tersebut ilegal, bisa jadi sasaran empuk untuk audit. Entahlah kenapa proxy-proxy tersebut bisa ada. Entah karena adanya penyalahgunaan, atau jangan-jangan memang belum diaudit. Yang jelas, proxy-proxy ini menambah daftar proxy yang bisa aku gunakan sebagai alternatif untuk mengakses internet :D Dan yang paling penting, YM ku sudah tidak bermasalah lagi sekarang. ;)

0 comments: